Tahun 2023, 304 Nelayan Sergai Terima Asuransi

Teluk Mengkudu,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, salah satunya yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Jumat (19/5/2023), bertempat di Pantai Sentang Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu, Bupati Sergai Darma Wijaya melalui Pelaksana tugas (Plt) Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Nasrul Azis Siregar secara simbolis menyalurkan kartu asuransi bagi para nelayan.

“ Ini merupakan perwujudan visi misi Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” kata Bupati Sergai melalui Asisten Ekbang.

Menurut data dari Dinas Perikanan Kabupaten Sergai, lanjut Azis lagi, sebanyak 10.271 masyarakat terdata sebagai nelayan meski tidak semuanya menjadi nelayan penuh hanya beberapa yang menjadi nelayan sambilan. Dari jumlah tersebut, katanya lagi, 8.413 orang terdata sebagai nelayan penuh dan 1.858 orang terdata menjadi nelayan sambilan, meski mayoritas merupakan nelayan  tradisional yang melakukan usaha penangkapan ikan dengan Alat tangkap berupa jaring insang dan rawai serta kebanyakan menggunakan perahu di bawah 5 GT.

Dengan alat tangkap sederhana tersebut, sebut Nasrul Azis, nelayan sangat berisiko tinggi mengalami kecelakaan di tengah laut untuk menangkap ikan. Oleh karenanya, berdasarkan data tersebut, sebagai wujud kepedulian dalam melindungi para nelayan,  Pemkab Sergai memberikan asuransi. Adapun asuransi yang dimaksud ke depan akan membantu para nelayan dalam mengatasi risiko kemungkinan yang terjadi.

Plt. Asisten Ekbang menambahkan jika pada tahun anggaran 2023 ini, Kabupaten Sergai memperoleh alokasi kartu asuransi kepada 304 nelayan yang bersumber dari APBD Provinsi Sumut. Program asuransi ini, jelasnya lagi, dilakukan bergulir sejak diterbitkannya  Undang-Undang 7 tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam, yang diprioritaskan bagi nelayan kecil yang belum pernah mendapatkan bantuan asuransi sebelumnya.

“ Tentunya keberadaan asuransi ini sangat memberikan perlindungan kepada para nelayan sebagai bentuk jaminan perlindungan atas risiko yang dialami para nelayan terhadap profesi yang dijalankan berupa asuransi jiwa dan kecelakaan kerja. Apalagi dalam melakukan pekerjaannya, para nelayan dihadapkan pada tantangan medan pekerjaan seperti jarak tempuh ke laut yang jauh dan risiko gelombang dan arus pasang yang tinggi,” pungkasnya.

Edwin Yatim warga Desa Sentang selaku penerima asuransi mengaku senang dan berterima kasih kepada Bupati Sergai yang peduli dengan profesi nelayan.

“ Terimakasih kepada Pemkab Sergai yang telah memberikan asuransi pada para nelayan. Asuransi ini sangat bermanfaat bagi kami dan keluarga,” tukasnya seraya menambahkan jika dalam menjalankan profesinya pernah mendapat penyuluhan dari Dinas Perikanan yang sejauh ini memang sudah aktif membina dalam melaksanakan praktik nelayan mencari ikan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perikanan Claudia Evinta Siregar, perwakilan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumut, unsur Forkopimcam serta masyarakat perwakilan penerima simbolis asuransi nelayan. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Jaini Purba

Admin : Vivi

712 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *