Lagi, Bupati Darma Wijaya Dianugerahi Gelar Kehormatan Etnis

Perbaungan,

Setelah sebelumnya dianugerahi gelar Datuk Setia Amanah dan Datuk Payung Negeri dari Bedagai yang merupakan gelar kehormatan etnis Melayu, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya kembali mendapat penobatan sebagai tokoh kehormatan. Kali ini, Bupati yang dikenal dengan panggilan Bang Wiwik itu diberi gelar Haji Tongku Pinayungan Nagori Harahap oleh Raja Aman Harahap di sela-sela pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Tapanuli Bagian Selatan (IKA Tabagsel) Sergai Periode 2023-2028, bertempat di Wisma Amerta PTPN IV Kebun Adolina, Kelurahan Batang Terap, Perbaungan, Sabtu (20/5/2023).

Bupati Sergai H Darma Wijaya mengungkapkan apresiasinya terhadap IKA Tabagsel Sergai atas suksesnya kegiatan hari ini. Ia mengaku terharu karena merasakan kembali semangat muda yang dahulu ia rasakan 25 tahun lalu, saat ia diadati oleh marga Simalungun karena istri Bupati, Rosmaida, bermarga Saragih. Baginya, Tapanuli Selatan adalah bagian tak terpisahkan dari keluarga besar, mengingat dari tujuh bersaudara di keluarganya, tiga di antaranya “mengambil keluarga” marga Hasibuan, Siregar, dan Harahap.

“Kehadiran IKA Tabagsel Sergai saya harapkan secara signifikan dapat memperkuat hubungan silaturahmi antara satu dengan yang lainnya. Di Pemkab Sergai sendiri, ada 6 orang pengurus IKA Tabagsel yang menduduki jabatan di OPD. Namun, kami yakin bahwa mereka yang menjabat posisi ini adalah individu yang profesional di bidangnya masing-masing,” ungkapnya.

 

Pada kesempatan ini juga, Darma Wijaya meminta dukungan, restu serta doa dari seluruh orang tua yang tergabung dalam IKA Tabagsel agar dapat terus memajukan dan membangun daerah ini.

“Saya dan Pak Wakil Bupati Adlin Tambunan punya visi menjadikan Sergai yang Maju Terus, yang merupakan kependekan dari Mandiri, Sejahtera, dan Religius. Kami berharap IKA Tabagsel Sergai bisa menjadi mitra Pemkab Sergai dalam upaya pembangunan yang kami lakukan,” tandasnya.

Sebelumnya Ketua Panitia, Sofyan Suri Siregar menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkab Sergai terutama kepada Bupati dan Wakil Bupati yang sudah berkontribusi memberikan dukungan sehingga kegiatan hari ini dapat terlaksana.

Sofyan menjelaskan, IKA Tabagsel Sergai merupakan salah satu wadah yang bertujuan untuk melestarikan budaya arif Tapanuli Selatan di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Disampaikan olehnya, saat ini di tingkat kecamatan di Sergai sudah terbentuk kepengurusan di Dolok Masihul, Sei Rampah, dan Perbaungan.

“Hadirnya organisasi ini juga bertujuan untuk semakin mempererat ikatan silaturahmi yang dalam adat disebut sebagai “Dalihan Natolu” yang terdiri dari Mora (pemberi anak gadis), Kahanggi (kerabat satu marga), dan Anak Boru (penerima anak gadis),” jelasnya.

Hadir dalam kesempatan ini di antaranya Wakil Bupati Sergai H. Adlin Tambunan, Ketua DPRD Sergai H. M. Ilham Ritonga, SE, Dandim 0204/DS Letkol Czi. Yoga Febrianto, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Camat Perbaungan Muhammad Fahmi, S.STP, MAP, tokoh masyarakat, tokoh adat. (Media Center Sergai).

Teks/Editor: Ardi/Rini Ry

Reporter: Brojeps

Admin : Julia

 

1.032 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *