TP-PKK Sergai Perkuat Peran Strategis dalam Peningkatan Kesejahteraan Keluarga

*Teluk Mengkudu,*

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menerima kehadiran Tim Monitoring Desa Pelaksana Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Hatinya PKK, dan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2023, bertempat di Aula Kantor Desa Pematang Setrak, Kecamatan Teluk Mengkudu, Selasa (30/5/2023).

Atas nama masyarakat dan Pemkab Sergai, Bupati Darma Wijaya membuka sambutannya dengan ucapan selamat datang kepada Tim Monitoring Provsu.

Bupati kemudian menjelaskan, PKK merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan yang dibentuk guna mendukung pembangunan khususnya dalam hal meningkatkan kesejahteraan keluarga menuju keluarga yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju, dan mandiri.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, dirinya selaku pembina Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai melihat berbagai upaya telah dilakukan oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai beserta seluruh kader dalam penerapan 10 (sepuluh) program PKK.

“Kami yakin dan percaya bahwa upaya-upaya yang dilakukan oleh TP-PKK Sergai akan dapat mewujudkan tujuan tersebut,” tegasnya.

Masih lanjut Bupati, Pemkab Sergai khususnya seluruh perangkat daerah sangat mendukung penuh pelaksanaan program PKK. Dijelaskan olehnya, bentuk dukungan tersebut berupa pendampingan, pelatihan, pembinaan serta fasilitasi kegiatan yang anggarannya tertampung di perangkat daerah terkait.

“Dukungan tersebut merupakan bentuk sinergitas antara PKK dengan pemerintah daerah dalam pencapaian visi yaitu mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” katanya lagi.

Di pengujung sambutannya, Darma Wijaya berharap kepada Tim Monitoring agar dapat memberikan penilaian terbaik kepada TP-PKK Sergai

“Besar harapan kami agar Tim Monitoring dapat meloloskan kami pada evaluasi provinsi yang akan datang sehingga dapat menginspirasi dan menambah motivasi kepada kader yang ada di kecamatan lain untuk terus memajukan desanya,” pungkas Bupati.

Ketua TP-PKK Sergai Ny Rosmaida Saragih  Darma Wijaya di momen serupa menyampaikan organisasinya memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya untuk perempuan dan anak.

Menurutnya, PKK juga memiliki peran yang penting dalam membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, sejahtera, maju, mandiri, harmonis dan religius serta mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Selain itu, jelasnya kemudian, “Hatinya PKK” merupakan salah gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman di sekitar.

“Dengan memanfaatkan pekarangan atau halaman rumah dengan tanaman produktif atau tanaman hias yang diharapkan dapat memberikan nilai untuk keindahan dan kenyamanan rumah serta jika ada produk lebih akan bisa bernilai ekonomis dan meningkatkan ekonomi keluarga,” urainya.

Rosmaida mengungkapkan, target dari Hatinya PKKK adalah menggerakkan masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah. untuk menanam sayur-mayur dan tumbuhan lainnya dan memberikan pemahaman akan perlunya ketersediaan pangan dan pemanfaatan pekarangan yang baik untuk masyarakat yaitu dengan tanaman pangan, aneka tanaman hias, ikan dan ternak yang dapat menambah gizi keluarga dan meningkatkan pendapatan keluarga.

Selain itu secara pribadi dirinya juga menyambut baik kedatangan Tim Monitoring Provsu. Ia mengaku, berbagai upaya serta pembenahan telah dilakukan dari hasil arahan dan bimbingan pada kegiatan supervisi yang sebelumnya dilaksanakan untuk mendukung setiap indikator penilaian.

“Walaupun demikian, pembenahan-pembenahan yang telah dilakukan dalam rangka perlombaan ini bukan semata-mata dilakukan hanya pada saat lomba seperti ini, akan tetapi dilaksanakan sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi keluarga, lingkungan, dan masyarakat sekitarnya,” kata Rosmaida lebih lanjut.

Terakhir, dia menyebut kegiatan ini juga merupakan program pemerintah yang tujuannya untuk mengukur dan mengetahui sampai sejauh mana pelaksanaan kegiatan dan program yang sudah dilaksanakan oleh PKK di semua jenjang dan tingkatan.

“Kesempatan ini juga merupakan salah satu upaya pembelajaran bagi seluruh kader, sehingga dapat mendorong dan menjadi motivasi agar lebih meningkatkan sinergitas dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat,” jabarnya.

Sementara itu Tim Monitoring Provsu yang dipimpin oleh Sekretaris Pokja III TP. PKK Provsu Ny. Nina Purwadi memberi apresiasi atas berjalannya kegiatan ini. Nina menjelaskan, maksud dan tujuan kegiatan ini merupakan bentuk harapan agar seluruh kader sama-sama bekerja dan sama-sama berprestasi.

“Kita tentu berharap agar eksistensi PKK di tengah masyarakat dapat bermanfaat, terutama dalam lingkup keluarga. Salah satu yang bisa saya sarankan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menjalankan sistem kerjasama kemitraan untuk berkembangnya PKK,” sebutnya.

Kegiatan monitoring ini juga diikuti perwakilan Dinas Ketapang Provsu Ny. Yosi Apriyanti, sejumlah Kepala OPD, Camat Teluk Mengkudu, unsur Forkopimcam, Kepala Puskesmas, serta para kader PKK dan undangan lainnya. (Media Center Sergai).

809 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *