Wujudkan Pertanian Berkualitas, Pemkab Sergai Dukung Pelaksanaan ST2023

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Sergai menggelar apel siaga dalam rangka pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 (ST2023) di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (31/5/2023).

Bertindak sebagai pembina apel Bupati Sergai H Darma Wijaya yang menyampaikan di hadapan seluruh peserta apel bahwa sensus pertanian pertama kali dilaksanakan pada tahun 1963. Hingga saat ini, lanjut Bupati, sudah yang ke-7 kalinya dilaksanakan sensus pertanian.

“ Tahun 2023  ini, ada sebanyak 17 negara yang akan melakukan sensus pertanian. Untuk negara Indonesia, pertanian memegang peran penting pada sektor perekonomian  dengan memberikan kontribusi sebesar 11,77% pada triwulan 1 2023. Ini merupakan terbesar keempat setelah sektor industri pengolahan, perdagangan dan pertambangan,” ujarnya.

  

Pada tanggal 15 Mei 2023 lalu saat pencanangkan sensus ekonomi, Presiden RI menyatakan bahwa sektor pertanian ini sangat penting, sebab melibatkan hajat hidup orang banyak sehingga akurasi data sangat diperlukan untuk menghasilkan akurasi kebijakan.

Ia menambahkan jika hal ini telah sesuai dengan data yang menunjukkan bahwa sektor pertanian menyerap tenaga kerja tertinggi yaitu mencapai 29,36% tenaga kerja pada Februari 2023. Oleh karena itu, hasil pendataan yang berkualitas dan bermanfaat menjadi harga mati untuk mencapai kualitas dan kebermanfaatan data yang diharapkan.

 

“Saya telah menerbitkan surat yang ditujukan kepada para kepala perangkat daerah, Camat hingga Kepala Desa dan Lurah agar mendukung pelaksanaan ST2023 di Sergai hingga berjalan sukses dan mendapatkan data pertanian yang berkualitas,” imbuhnya sembari berharap masa depan pertanian dan kesejahteraan petani di Indonesia akan terus bertumbuh. Untuk mewujudkan harapan itu tentu diperlukan data pertanian berkualitas yang dikumpulkan melalui ST2023 ini.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Darma Wijaya berpesan kepada para petugas pendataan ST2023 agar melaksanakan tugas yang diemban dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Karena apa yang dikerjakan ini akan sangat berguna bagi bangsa dan negara, pungkasnya.

Diakhir acara dilakukan penanaman pohon di dalam pot secara simbolis yang ada di Komplek Kantor Bupati Sergai. Kegiatan turut dihadiri Sekdakab Sergai H. M Faisal Hasrimy, Kepala BPS Sergai Marine Sohadi Angkat beserta jajaran, para Kepala OPD serta para petugas ST2023 dari 17 Kecamatan di Kabupaten Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Brojepas

Admin : Julia

852 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *