Di Acara Tampung Tawar, Bupati dan Wabup Sergai Harap Calon Jamaah Haji Jaga Kesehatan

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Tambunan menghadiri acara Tampung Tawar Calon Jamaah Haji Kabupaten Sergai Tahun 1444 Hijriyah/2023, yang digelar di Halaman Masjid Agung Sergai, Sei Rampah, Rabu (31/5/2023).

Bupati Darma Wijaya membuka sambutannya dengan menyampaikan jika hari ini dirinya berada di tempat ini, bersama calon tamu Allah, yang akan diberangkatkan ke tanah suci Makkah guna menunaikan kewajiban rukun Islam yang ke-5 bagi umat yang mampu untuk menunaikan ibadah haji.

“Berkat niat yang tulus dan ikhlas serta kesabaran Bapak dan Ibu semua, mungkin ada di antara kita semua ini, sudah bertahun tahun lamanya menunggu. Alhamdulillah, pada musim haji tahun ini, para calon jamaah haji Kabupaten Sergai Insya Allah akan bersama-sama jutaan umat Islam lainnya dari seluruh penjuru dunia memenuhi panggilan Allah SWT untuk menunaikan rukun Islam kelima, menjalankan ibadah haji ke tanah suci Mekkah Al Mukarromah dan Madinah Al Munawwaroh,” ungkap Darma Wijaya.

Menurutnya, pada tahun ini tidak semua orang meskipun memiliki niat yang sama, dapat memenuhinya. Dia berharap niat yang tulus dan ikhlas tersebut, benar-benar ditunaikan semata-mata untuk beribadah, untuk memenuhi panggilan Allah dan semata-mata untuk mengharap rida Allah SWT, bukan untuk tujuan lain, apalagi tujuan yang bersifat tercela seperti riya.

“Untuk itu, jadikan sifat tabah, sabar dan tawakal sebagai sebaik-baiknya bekal, karena sifat-sifat tersebut, sangat diperlukan dalam melakukan perjalanan ibadah haji dan sekaligus akan mengantarkan seorang calon jamaah haji memperoleh predikat haji yang mabrur,” lanjutnya.

Darma Wijaya kemudian melanjutkan, perjalanan ke tanah suci adalah untuk perjalanan beribadah, bukan perjalanan biasa, perjalanan yang membutuhkan fisik dan mental yang kuat. Hal ini penting, karena ia menyebut seluruh calon jamaah haji asal Kabupaten Sergai yang tergabung dalam kloter 17 bersama para jamaah calon haji dari Kabupaten Padang Lawas pada tanggal 8 Juni 2023 akan berangkat ke Asrama Haji Medan, kemudian pada esok harinya, pada tanggal 9 Juni 2023, sekitar pukul 20.00 WIB, akan diterbangkan dari Bandara Internasional Kualanamu menuju Jedah.

“Oleh karena itu, kami berpesan kepada calon jamaah haji mulai saat ini, Bapak dan Ibu dituntut tetap menjaga kesehatan dan stamina, jaga pola makan dan istirahat yang cukup, sehingga dapat mengantisipasi apapun kondisi cuaca di sana, sehingga dalam pelaksanaan ibadah haji bisa terlaksana dengan sebaik mungkin,” pesan Bupati

Ia kemudian menegaskan, Pemkab Sergai terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dalam setiap penyelenggaraan haji. Atas nama pribadi, keluarga, masyarakat dan Pemkab Sergai, Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini berujar jika ia akan selalu mendo’akan calon jamaah haji semoga selalu dalam keadaan sehat wal’afiat, sehingga diberikan kemudahan oleh Allah SWT saat keberangkatan ke tanah suci, kemudian dapat melaksanakan rukun haji dengan khusuk, baik dan benar, serta dapat meraih predikat haji mabrur. dan tentunya, kembali ke tanah air dalam keadaan selamat, sehat dan tidak kurang satu apapun juga.

Selain itu, tak lupa ia meminta agar selama di tanah suci dan khususnya di tempat-tempat yang mustajab, calon jamaah haji jangan pernah lupa untuk mendoakan daerah ini agar tetap aman, tenteram dan sejahtera, sehingga niat untuk menjadikan Sergai ini Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius, diridai Allah SWT.

“Kemudian, doakan pula kami yang belum berkesempatan dan berkecukupan untuk berangkat haji, agar segera diberikan kemudahan oleh Allah, segera dapat menyusun rencana, dan secepatnya juga dapat menunaikan rukun Islam yang kelima. Saya ucapkan selamat jalan, selamat menunaikan ibadah haji, semoga Allah senantiasa memberi perlindungan. Amin,” tandasnya.

Wabup Adlin Tambunan juga menitipkan pesan agar para calon jamaah haji mejaga diri terutama kesehatan.

“Kalau ada merasa kelelahan sampaikan, jangan malu untuk menyampaikan agar cepat dilakukan pengobatan. Kami berharap, semua Bapak dan Ibu bisa kompak di sana. Saling menjaga, saling membantu kalau ada kesulitan. Harapannya ke 252 jamaah dalam kadaan sehat perginya dan kembali pula dengan kondisi sehat,” ujarnya.

Sementara itu dalam laporannya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Sergai Zulkifli Sitorus, S.Ag., MA, menjelaskan jika seyogyanya jumlah calon jamaah haji asal Sergai adalah sebanyak 253 orang. Namun salah seorang jamaah meninggal dunia sehingga berkurang menjadi 252 jamaah.

“Calon jamaah haji Sergai tergabung dalam kloter 17 bersama jamaah dari Kabupaten Padang Lawas. Dalam perjalanan, kami sudah menyiapkan 8 orang petugas yang terdiri dari 5 petugas kloter dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sebanyak 3 orang. Adapun jamaah paling muda berusia 23 tahun atas nama Riza Umami Purba dan yang paling tua atas nama Bapak Adlan Ahmad berumur 95 tahun,” jabarnya.

“Seluruh tahapan kesehatan dan paspor telah mendapat dukungan penuh dari Pemkab Sergai, termasuk acara tampung tawar ini yang juga dibuat oleh Pemkab Sergai sebagai bentuk dukungan,” katanya.

Acara kali ini juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Sergai, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, para Staf Ahli Bupati, Asisten, para Kepala OPD, serta calon jamaah haji dan keluarga. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

961 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *