Di Penutupan TMMD ke-116, Bupati Sergai Terima Kehadiran KSAD Jendral Dudung Abdurachman

Sei Rampah,

Berakhirnya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 Tahun Anggaran (TA) 2023 di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ditandai dengan kehadiran Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M, yang disambut langsung oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya, bertempat di Lapangan Stadiun 26 Juli, Desa Rambung Sialang, Kecamatan Sei Rampah, Kamis (8/6/2023).

Kedatangan orang nomor satu di jajaran TNI-AD ini juga dirangkaikan dengan pemakaian tengkuluk dan pakaian adat khas Melayu oleh Bupati Sergai dan Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai, Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya.

Bupati Darma Wijaya menyampaikan rasa syukurnya mewakili masyarakat Sergai atas kehadiran tamu istimewa KSAD Jendral Dudung yang baginya sudah lama dinanti-nanti kehadirannya.

Menurut Darma Wijaya, pelaksanaan program TMMD di Sergai telah menunjukkan hasil dan bukti yang nyata bagi kemaslahatan masyarakat Kabupaten Sergai.

“Program ini telah banyak membantu masyarakat kita. Contohnya saja dalam hal infrastruktur. Dulu masyarakat kesulitan mengakses jalan sehingga mobilitas dan distribusi hasil produksi jadi terganggu. Apalagi jika cuaca hujan, rute yang dilalui di beberapa titik rusak. Berkat kolaborasi TNI dan pemerintah daerah, kendala ini bisa menghasilkan solusi yang semoga saja sifatnya jangka panjang,” ucapnya.

   

Darma Wijaya kemudian berpesan kepada masyarakat agar hasil pembangunan yang telah dihasilkan oleh program TMMD ini bisa dijaga dan dirawat sebaik-baiknya.

“Melaksanakan kerja pembangunan memang bukan hal mudah, tapi lebih sulit lagi menjaga hasilnya. Maka dari itu saya pesankan kepada seluruh masyarakat Sergai untuk bersama-sama menjaga hasil pembangunan yang telah dicapai,” pungkasnya.

Sebelumnya KSAD Jendral Dudung Abdurachman yang bertindak sebagai Inspektur Upacara penutupan TMMD ini menyebut jika program inovasi TNI ini merupakan momentum penting untuk meningkatkan semangat kebersamaan, gotong royong, dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Selama satu bulan sejak tanggal 10 Mei hingga 8 Juni 2023, prajurit TNI, Polri, komponen bangsa lainnya, Pemda, dan masyarakat bekerja sama untuk menyelesaikan program TMMD ke-116. Kebersamaan ini adalah sinergi yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya dalam membantu Pemda mempercepat pembangunan di wilayah,” jelas Dudung.

Dijelaskan olehnya, dalam TMMD edisi kali ini, TNI AD telah melaksanakan kegiatan di 50 Kodim di seluruh Indonesia secara serempak. Program ini, katanya, melibatkan berbagai kegiatan fisik dan nonfisik, seperti pembangunan dan perbaikan infrastruktur seperti jalan, jembatan, rumah ibadah, serta kegiatan penyuluhan kepada masyarakat tentang bela negara, hukum nasional, wawasan kebangsaan, cinta tanah air, dan kesehatan.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah memberikan dukungan moral dan materiil sehingga kegiatan TMMD ke-116 dapat berjalan dengan aman dan lancar. Saya juga ingin memohon maaf jika terdapat kata, sikap, atau tingkah laku prajurit yang tidak berkenan di hati masyarakat, baik yang disengaja maupun tidak disengaja,” tambahnya.

Kegiatan ini juga ikut dihadiri oleh Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Kapoldasu Irjen. Pol. Drs. RZ. Panca Putra Simanjuntak, M.Si, unsur Forkopimda Kabupaten Sergai, pihak swasta, prajurit TNI, masyarakat, serta para tamu undangan lainnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor: Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

843 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *