Atasi Ketimpangan Sosial, 1.700 Paket Bantuan Permakanan Siap Disebarkan ke Seluruh Sergai

 

Sergai,

 

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya dan Ketua Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kabupaten Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan menyalurkan Bantuan Permakanan Program Rehabilitasi Sosial bagi Masyarakat Kabupaten Sergai di Luar Panti Sosial tahun 2023, bertempat di 3 lokasi berbeda yaitu di Kantor Camat Dolok Masihul, Kantor Camat Bintang Bayu, dan Kantor Camat Serbajadi, Senin (12/6/2023).

 

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK menyampaikan jika pasca pandemi Covid-19 menyisakan banyak permasalahan, salah satunya permasalahan sosial ekonomi. Menurutnya, banyak sekali masyarakat yang mengalami masa-masa sulit yang mengharuskan untuk berusaha keras demi bertahan hidup. Ia juga menyebut, banyak golongan masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan, bahkan harus kehilangan mata pencaharian sehingga kondisi ini berpotensi menambah jumlah penduduk miskin tidak terkecuali di Kabupaten Sergai.

“Kabupaten Sergai di bawah kepemimpinan Bupati Bapak Darma wijaya dan Wakil Bupati Bapak Adlin Tambunan atau kita kenal dengan Dambaan, terus berupaya keras mengatasi semua permasalahan di Kabupaten Sergai, tak terkecuali permasalahan kemiskinan, bersinergi dengan semua eleman baik swasta maupun instansi vertikal lainnya, baik level provinsi maupun nasional,” ujarnya.

 

Rosmaida menuturkan, arah pembangunan di Kabupaten Sergai tercantum dalam SAPDA atau Sapta Dambaan yang terdiri dari Sekolah Mantab (Mandiri, Terampil, Asri dan, Berkualitas), Masyarakat Sehat dan Religius, Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan, Infrastruktur Terintegrasi, Ekonomi Berdaya Saing, Wisata Maju Terus, dan Birokrasi Dambaan.

 

“Melalui Sapta Dambaan, Pemkab Sergai memberi arah yang jelas bagi OPD untuk bekerja sesuai dengan tugas pokok fungsi dan bekerja sama dengan perangkat daerah serta bersinergi,” katanya

 

Terkait kegiatan ini, baginya merupakan salah satu bentuk upaya mewujudkan SAPDA ke-lima yaitu Ekonomi Berdaya Saing sesuai dengan salah satu tujuan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sergai tahun 2021-2026, yaitu menurunkan angka kemiskinan dengan salah satu sasarannya meningkatkan daya beli masyarakat.

“Pemkab Sergai pada hari ini akan memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu, berupa bantuan permakanan. Bantuan yang diberi ini merupakan satu tanda bahwa pemerintah selalu hadir di tengah masyarakat. Lewat bantuan ini diharapkan masyarakat dapat meringankan permasalahan yang dihadapi, di samping pemerintah akan terus berusaha mencari terobosan-terobosan lainnya yang dapat meringankan permasalahan lainnya,” tambahnya lagi.

 

Terakhir ia menyebut, Pemkab Sergai menyadari masih banyak tugas-tugas yang harus segera diselesaikan, sehingga melalui kegiatan ini juga pemerintah mengharapkan bantuan dari semua pihak baik swasta maupun masyarakat lainnya yang lebih beruntung untuk membantu kepada saudara-saudara sesama yang masih kurang beruntung di kabupaten ini khususnya.

 

Di kesempatan serupa Kepala Dinas Sosial Arianto, melaporkan jika program ini dilaksanakan di Sergai hingga tanggal 20 Juni mendatang di seluruh kecamatan.

“Ada 1.700 paket yang disiapkan dan akan disalurkan di 17 kecamatan se-Sergai. Artinya per kecamatan akan mendapat 100 paket yang akan diberikan kepada kelompok masyarakat disabilitas, anak terlantar, jompo, dan fakir miskin. Tujuan dari pelaksanaan program ini yaitu memberikan stimulan kepada masyarakat untuk meningkatkan daya beli,” jelasnya.

 

Penyerahan bantuan kali ini ikut dihadiri oleh para Camat dan unsur Forkopimcam. (Media Center Sergai).

 

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : chan

 

 

1.217 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *