Minimalisir Lakalantas, Pemkab – Polres Sergai Gelar Apel Pasukan Operasi Toba

 Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, mengikuti apel gelar pasukan Operasi Patuh Toba, yang berlangsung di lapangan Polres Sergai, Sei Rampah, Senin (10/7/2023).

Saat dimintai keterangannya usai mengikuti kegiatan, Sekdakab Sergai menyampaikan jika pada apel kali ini bertindak sebagai pemimpin apel Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, S.I.K, yang membacakan sambutan Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen. RZ Panca Putra Simanjuntak.

“Tadi Pak Kapolres menyampaikan jika Polda Sumut menggelar operasi ini dengan tujuan untuk meminimalisir angka pelanggaran lalu lintas, kecelakaan lalu lintas (lakalantas), dan potensi fatalitas lakalantas. Operasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah Provinsi Sumut,” jelas Sekdakab Faisal Hasrimy.

Faisal Hasrimy melanjutkan, Operasi Patuh Toba yang mengangkat tema “Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa” ini akan dilaksanakan serentak di wilayah Polda Sumut selama 14 hari yaitu mulai hari ini sampai dengan 23 Juli mendatang.

Sekdakab menyebut, Operasi Patuh Toba kali ini berorientasi penegakan hukum terbuka dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ELTE) statis atau mobile hand held dan tidak diperbolehkan melakukan penegakan hukum berupa razia stationer atau razia yang dipusatkan di satu titik. Ia juga mengatakan, sasaran operasi kali ini adalah para pelaksana operasi mampu mengantisipasi segala bentuk gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang muncul sebelum, pada saat, dan setelah operasi digelar.

“Ada 7 pelanggaran yang jadi prioritas penegakan hukum dengan ETLE dan teguran, yaitu penggunaan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara motor yang tidak memakai helm SNI dan safety belt bagi pengendara mobil. Selain itu polisi pengendara dalam pengaruh alkohol, yang melawan arus, dan melebihi batas kecepatan, juga akan mendapat tindakan,” ucapnya.

Sekdakab melanjutkan, dalam sambutan Kapolda Sumut yang dibacakan oleh Kapolres Sergai, deteksi, lidik, pengamanan, serta pemetaan terhadap lokasi yang rawan kemacatan akan dilaksanakan dengan tepat sasaran.

Namun, sambung Sekdakab, Kapolda menekankan pentingan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, yang dilakukan lewat kegiatan sosial, pemasangan spanduk, banner, baliho, leaflet, dan stiker, serta memanfaatkan media cetak, elektronik, dan medsos, sebagai saluran distribusi informasi.

“Tak lupa Kapolda mengingatkan agar penegakan hukum dilakukan secara simpatik dan humanis, serta jadikan momen ini jadi sarana edukasi guna membangun budaya tertib dalam berlalu lintas di masyarakat. Lakukan pula counter opinion terhadap informasi hoaks di media sosial, online, maupun media mainstream terkait pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2023 agar tidak terjadi misinformasi yang dapat merugikan masyarakat dan petugas,” katanya lagi.

Apel gelar pasukan Operasi Patuh Toba kali ini juga diikuti oleh Dandim 0204/DS, Letkol Czi. Yoga Febrianto, SH, M.Si, jajaran pejabat utama Polres Sergai serta para peserta apel. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps

676 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *