Raih 7 Penghargaan di Peringatan Harganas 2023, Wabup Terus Jaga Komitmen Atasi Stunting di Sergai

Samosir

 

Rasa syukur disampaikan oleh Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) saat menerima penghargaan dalam puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2023, yang digelar di Desa Lumban Suhi-suhi, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sabtu (29/7/2023).

 

Bukan cuma satu, di kesempatan ini, Kabupaten Sergai berhasil meraih 7 penghargaan sekaligus yaitu penghargaan kategori laporan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) semester I tahun 2023, penghargaan kategori Technical Assistant dengan kriteria konsultasi terbaik yang diterima Julfa Rahma, terbaik I apresiasi tenaga lini lapangan terbaik kategori penyuluh KB ASN Kecamatan Pegajahan yang diterima oleh Desi Nurhayati Daulay, terbaik I apresiasi tenaga lini lapangan kategori penyuluh KB Non-ASN Kecamatan Teluk Mengkudu yang diterima oleh Yusriani, Kampung KB Pekan Tanjung Beringin terbaik II Kompetisi Kreasi Menu bergizi DASHAT tahun 2023 yang diterima oleh Ani Riswani. Terbaik III Lomba Kampung KB Desa Pon Kecamatan Sei Bamban yang diterima oleh Kepala Desa Pon Andrianto, dan Harapan I Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Terbaik Kategori Kader IMP Kecamatan Bintang Bayu yang diterima oleh Elisa Ayu Pradewi Purba.

 

Dengan gembira, Adlin Tambunan menyampaikan jika ini adalah momen yang patut disyukuri. Penghargaan-penghargaan tersebut menurutnya adalah hasil kerja keras, dedikasi, dan komitmen dari seluruh insan pemerintahan dan masyarakat Kabupaten Sergai.

 

Ia kemudian menyampaikan pentingnya penanganan dan upaya penurunan stunting di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Sergai.

 

“Tema peringatan Harganas tahun ini, ‘Menuju Keluarga Bebas Stunting Untuk Indonesia Maju’, memberikan pesan yang sangat relevan untuk kita. Melalui evaluasi yang komprehensif, kita akan memastikan bahwa upaya penurunan stunting dapat dilakukan secara maksimal dan berkesinambungan,” ujarnya.

 

Ia menyadari bahwa tantangan penurunan angka stunting tidak dapat diatasi sendiri. Oleh karena itu, Adlin mengajak seluruh pemerintah kabupaten/kota di Sumut untuk bersatu dan bekerja sama dalam mengatasi masalah pertumbuhan fisik anak. Basis data yang kuat dan kerja sama yang erat antar lembaga baginya merupakan kunci kesuksesan dalam mencapai target yang telah ditetapkan.

 

“Dalam hal ini, kami mengapresiasi para petugas, kader, penyuluh, dan seluruh masyarakat yang telah bekerja maksimal dalam sosialisasi KB dan penanganan pencegahan stunting. Kerjasama dan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat merupakan kunci keberhasilan dalam mencapai target turunnya angka stunting,” tambah Adlin Tambunan.

 

Bersama Bupati Serdang Bedagai, H. Darma Wijaya, Wabup Sergai menyebut pihaknya memiliki target yang sangat ambisius untuk menurunkan angka stunting di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Dengan berbagai program yang telah dijalankan, dia yakin tahun depan prevalensi dapat mencapai angka di bawah 14 persen, sesuai dengan harapan seluruh pihak.

 

“Terakhir, saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai dan Sumatera Utara untuk terus mendukung dan berpartisipasi aktif dalam upaya penurunan angka stunting dan mewujudkan keluarga yang sejahtera. Mari kita terus memperkuat evaluasi dan pembenahan, serta mengambil langkah ke depan yang lebih besar dan berdaya guna dalam mengatasi masalah pertumbuhan fisik anak,” tandasnya.

 

Sementara itu Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sebelumnya mengapresiasi penurunan angka stunting di Provinsi Sumut berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022.

 

“Hasil SSGI 2022 menunjukkan penurunan angka prevalensi stunting di Sumut dari yang sebelumnya 25,8% pada tahun 2021 menjadi 21,1% pada 2022 atau turun sebanyak 4,7%. Namun, kami juga menyadari bahwa masih ada daerah yang memerlukan perhatian khusus dalam mengatasi masalah ini, terutama di kawasan pedesaan. Oleh karena itu, kami akan terus berupaya untuk membangun desa dan menata kota agar pangan dan kesejahteraan dapat mencapai tingkat yang lebih baik,” katanya.

 

Turut hadir Ketua Bidang I TP-PKK Sergai Ny. Hj. Aini Zetara Siregar, sejumlah Kepala OPD dan kader dari Sergai, Ketua TP-PKK Sumut Nawal Lubis serta para Bupati/Walikota se-Sumut, para Penyuluh KB Ahli Utama Widwiono, M.Kes, Kepala Perwakilan BKKBN Sumut Munawar Ibrahim, serta ribuan tamu undangan lainnya. (Media Center Sergai).

 

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Admin : Ardi

542 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *