Pemkab Sergai-BMKG Gelar SLCN untuk Kenalkan Cuaca Maritim kepada Nelayan

Pantai Cermin, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mengucapkan terima kasih yang kepada Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan yang telah memberikan pengetahuan tentang cuaca dan iklim kepada peserta dan para nelayan di Kabupaten Sergai.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Fitriadi S.Sos, M.Si, saat menghadiri acara Sekolah Lapangan Cuaca Nelayan (SLCN), yang dilaksanakan di Aula Pantai Sri Mersing, Desa Kuala Lama, Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (27/7/2023).

Fitriadi menyampaikan, wilayah Kabupaten Sergai memiliki potensi sumber daya hayati dengan keanekaragaman yang cukup lengkap. Dengan garis pantai mencapai 55 km, dirinya menjelaskan jika wilayah Selat Malaka di Sergai merupakan penghasil ikan laut yang sekaligus sumber mata pencaharian bagi mayoritas pesisir di Kabupaten Sergai.

“Saat ini sebanyak 10.171 jiwa masyarakat di Sergai berprofesi sebagai nelayan di mana 6.413 jiwa adalah nelayan penuh, dan 1.758 jiwa merupakan nelayan sambilan yang tersebar di 5 kecamatan mulai dari kecamatan Pantai Cermin, Perbaungan, Teluk Mengkudu, Tanjung Beringin sampai Kecamatan Bandar Khalipah,” katanya.

Para nelayan ini, sebutnya, mayoritas merupakan nelayan tradisional yang melakukan usaha penangkapan ikan dengan alat tangkap berupa jaring insang dan rawai yang menggunakan perahu ukuran lebih kecil dari 5 gross tonnage (gt). Tentu dengan keterbatasan sarana dan prasaranap tersebut, menurutnya dapat menimbulkan risiko kecelakaan, terutama faktor cuaca yang harus dihadapi oleh para nelayan.

“Oleh karena itu dengan adanya kegiatan SLCN ini para peserta nelayan akan mendapat informasi cuaca tentang waktu yang tepat untuk melaut dan menangkap ikan. Melalui kegiatan ini diharapkan BMKG dapat memberikan pemahaman mengenai informasi cuaca kemaritiman kepada nelayan untuk mendukung aktivitas melaut, mengurangi risiko kecelakaan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas tangkapan serta mengubah paradigma mencari ikan menjadi menangkap ikan,” harapnya.

Kepada peserta, Fitriadi berpesan agar mengikuti kegiatan ini dengan baik serta menjadikan SLCN ini sebagai wadah untuk mendapatkan ilmu terkait cuaca maritim sehingga dapat diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari.

Hadir dalam kegiatan ini Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM M. Kahar Effendi, S.Sos, Plt. Kadis Kominfo Sergai Ingan Malem Tarigan, SE, Kadis Kelautan dan Perikanan Dr. Klaudia Evinta Siregar, SKM, M.Kes, unsur Badan Keamanan Laut Kabupaten Sergai, perwakilan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sergai, serta para nelayan Kabupaten Sergai.

887 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *