Hadiri Pelantikan Pengurus Pujakesuma, Bupati Sergai: “Jadilah Agen Perubahan Lewat Warisan Budaya”

Sei Rampah

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Tambunan menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Sergai dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Pujakesuma Kecamatan se-Sergai, di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (1/9/2023).

Membuka sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyampaikan seiring dengan semangat gotong royong dan persatuan yang telah menjadi ciri khas masyarakat Sergai, pihaknya ingin menyampaikan betapa pentingnya menjaga dan meneruskan warisan budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur, terkhusus nilai kearifan budaya Jawa maupun nilai-nilai etikanya yang luhur.

Menurut Bupati, budaya ini telah menjadi bagian integral dari identitas sebagai warga Sergai.

“Sebagaimana yang telah kita saksikan, Pujakesuma memiliki peran yang sangat penting dalam memperkuat ikatan kebudayaan, persaudaraan, dan kolaborasi di antara kita. Kami yakin bahwa organisasi ini dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam memelihara serta mengembangkan kekayaan budaya Jawa dan nilai-nilai etika yang baik di tengah-tengah masyarakat Sergai,” kata Darma Wijaya.

Bupati berharap, Pujakesuma akan tetap solid dan kompak dalam menjalankan tugas-tugasnya, serta dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Ia mengajak seluruh pihak bersama-sama mendukung upaya-upaya dalam melestarikan dan mengembangkan budaya serta etika.

“Terakhir, kami berharap semoga organisasi ini semakin berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat Sergai. Mari kita jaga persatuan dan kebersamaan di antara kita, serta teruslah berkomitmen untuk menjalankan Budaya Jawa dan etika yang baik dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

 

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma Eko Supianto menyampaikan jika paguyubannya ingin menjadi contoh yang baik bagi masyarakat Sergai dan seluruh masyarakat Indonesia.

“Kami akan bekerja keras untuk melestarikan budaya Jawa yang begitu kaya, serta menjaga keguyuban di antara anggota kami. Kami percaya bahwa dengan tetap memegang teguh nilai-nilai ini, kami dapat menjadi contoh nyata bagaimana budaya bisa tetap lestari dan relevan dengan perkembangan zaman,” sebutnya.

Acara hari ini dihadiri antara lain oleh Ketua DPW PKB Pujakesuma Sumatera Utara H. Khoirum Rijal, Ketua DPD PKB Sergai Muhammad Heri Sukandar, Kapolres Sergai AKBP. Oxy Yudha Pratesta, SIK, mewakili Kajari Sergai, mewakili Dandim 0204/DS, dan Kaban Kesbangpol Drs. Nasrul Azis Nasution.

Teks : Ardi/Lenti

Reporter : Ardi

Admin : Julia

656 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *