Masyarakat Sambut Positif Vaksinasi Rabies Massal Serentak di Sergai

Sei Rampah,
Untuk mengentaskan permasalahan rabies di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sekaligus menyambut Hari Rabies ke-17 sedunia Tahun 2023, Pemkab Sergai lewat Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Sergai melaksanakan vaksinasi massal rabies serentak, Rabu (4/10/2023).
Kepala Dinas Ketapang Sergai Kamaluddin, M.MA, saat ditemui di ruang kerjanya di Sei Rampah, menyampaikan jika kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan oleh petugas vaksinasi di 4 lokasi berbeda yaitu di Kantor Dinas Ketapang di Sei Rampah, Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Perbaungan, Kantor Camat Sei Bamban dan Kantor Camat Dolok Masihuk.
“Alhamdulliah, kegiatan vaksinasi ini mendapat respons positif dari masyarakat Sergai. Ini dibuktikan dari cukup banyaknya masyarakat yang datang ke sentra vaksinasi yang sudah ditetapkan,” ucapnya.
Ia menyebut, masyarakat Sergai yang memilihara hewan domestikasi, terutama anjing dan kucing, tampaknya memahami betul pentingnya vaksinasi rabies.
“Kita tahu bersama betapa berbahayanya virus ini. Dengan dilaksanakannya vaksinasi, itu diharapkan mampu menurunkan risiko terserang penyakit rabies dan berbagai komplikasi berbahaya bahkan kematian, baik bagi hewan peliharaan maupun manusia,” ujarnya.
Selain di 4 titik yang telah ditetapkan, Kamaluddin menyebut jika petugas vaksinasi juga melakukan jemput bola atau mendatangi langsung rumah warga yang diketahui memiliki peliharaan hewan yang rentan tertular rabies.
“Diharapkan dengan terlaksananya kegitan vaksinasi massal rabies ini, maka tujuan utama yaitu “Menuju Sergai Bebas Rabies”, dapat terwujud,” tandasnya. (Media Center Sergai/Ardi/Rini Ry).
734 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *