Berikan Layanan Prima Administrasi Kependudukan Untuk Masyarakat, Pemkab Sergai Launching Inovasi “Sila Kelima”

Teluk Mengkudu,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya, Rabu (11/10/2023) melaunching Inovasi Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Peduli Masyarakat (Sila Kelima) di Kantor Desa Sei Buluh Kecamatan Teluk Mengkudu.

Mengawali sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyampaikan jika pelayanan ini merupakan perwujudan visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius. Dalam visi tersebut juga tertuang 7 Sapta Dambaan (Sapda) yang saat ini gencar dilakukan yaitu; sekolah mandiri, terampil, asri dan berkualitas (mantab), masyarakat sehat dan religius, pertanian berkelanjutan, infrastruktur terintegrasi, ekonomi berdaya saing, wisata maju terus dan birokrasi dambaan.

“ Alhamdulillah bertambah lagi pelayanan kita kepada masyarakat terkait kepengurusan administrasi kependudukan. Ini merupakan target kita untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan bukti nyata pemerintahan hadir di tengah-tengah rakyatnya,” ujarnya.

Tak hanya soal administrasi kependudukan, Bupati juga menyinggung soal pelayanan kesehatan, kini Pemkab Sergai juga telah membangun sarana kesehatan dan tahun depan rencananya sudah bisa digunakan, ucap Bupati optimis.

Sedangkan terkait infrastruktur, Bang Wiwik sapaan akrab Bupati Darma Wijaya menjabarkan hingga sampai saat ini pembangunan infrastruktur jalan telah mencapai 80 persen. Artinya jalan-jalan yang menghubungkan dari desa ke desa sudah mulus. Oleh karenanya masyarakat dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan cepat dan mudah. Namun, Bupati menyampaikan jika di beberapa lokasi jalan yang belum dibangun, dirinya berharap agar masyarakat bersabar.“ Insya Allah akan kita bangun secara bertahap, mengingat keterbatasan anggaran yang kita miliki maka kami lakukan secara bertahap,” ujarnya.

Kembali lagi ke persoalan kepengurusan dokumen kependudukan, Bupati menyebut jika saat ini masyarakan dapat dengan mudah melakukannya. Hal ini karena semua sudah serba digital. Jadi tidak lagi seperti dahulu yang memakan waktu cukup lama dan jauh dari pusat pemerintahan kota kabupaten. Masyarakat cukup datang di kecamatan masing-masing ataupun bisa melalui aplikasi yang tersesia.

Terakhir Bupati mengimbau agar masyarakat yang tidak memiliki dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) maupun KTP serta lainnya agar segera mengurusnnya. Mengingat dokumen ini sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat, pungkasnya.

Dikesempatan serupa, Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Selamet Hartono menyampaikan kepada seluruh masyarakat yang hadir jika belum memiliki dokumen kependudukan agar segera mengurusnya.

Kadis Dukcapil mengutarakan jika layanan administrasi kependudukan yang di launching hari ini adalah bentuk layanan prima dengan memangkas jarak dan waktu sehingga masyarakat dapat melakukan kepengurusan dokumennya di kantor kecamatan terdekat. Kemudian mendekatkan akses layanan kependudukan kepada masyarakat sehingga bisa dipastikan seluruh masyarakat nanti punya identitas kependudukan seperti KTP elektronik.

“ Lewat inovasi ini kita harapkan identitas (KTP) masyarakat sudah digital, yang tahun ini telah ditargetkan oleh Dirjen Dukcapil mencapai 25% penduduk sudah punya identitas kependudukan digital. Ini sangat bermanfaat untuk berbagai urusan seperti untuk data kesehatan (BPJS) karena datanya sudah terintegrasi secara online,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan masyarakat Desa Sei Butuh Kecamatan Teluk Mengkudu. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

 

 

 

 

460 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *