Tingkatkan Produksi dan Komsumsi, Pemkab Sergai Resmikan Bedah Unit Pengolahan Ikan

Tebing Tinggi,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Adlin Tambunan menghadiri peresmian Bedah Unit Pengolahan Ikan (UPI) Skala Mikro dan Kecil di Desa Kuta Baru Kecamatan Tebing Tinggi, kamis (12/10/2023).

Wabup Adlin Tambunan menyampaikan jika program bedah UPI ini selain rehabilitasi fisik bangunan, juga agar sesuai dengan sistem manajemen keamanan pangan yang meliputi pemberian peralatan pengolahan yang sesuai dengan standar higienis, katanya dihadapan unsur Forkopimcam  Tebing Tinggi dan Perbaungan serta Kepala Dinas Perikanan Claudia Evinta Siregar beserta jajaran dan para peserta yang hadir.

“ Dengan adanya bangunan UPI, diharapkan akan meningkatkan produksi ikan yang pada akhirnya masyarakat juga meningkatkan konsumsi ikan. Tak hanya itu, usaha pengolahan hasil perikanan menjadi salah satu alternatif pangan khususnya bagi anak-anak untuk gemar makan ikan,” jelas Wabup seraya menambahkan jika bantuan program bedah UPI ini juga meliputi pengadaan peralatan untuk peningkatan produksi olahan hasil perikanan di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Kemudian disampaikan Wabup bahwa aspek higienis menjadi tolak ukur utama bedah UPI ini. Hal yang menjadi pertimbangan, lanjut Wabup adalah keamanan pangan yang akan berpengaruh terhadap keberlanjutan usaha, sehingga produk yang dihasilkan akan lebih memiliki nilai jual.

Oleh karena itu, Ia berharap kepada kepada seluruh yang hadir agar dapat menjadi agen pemasaran bagi produksi olahan. “ Jangan khawatir dan ragu untuk mempromosikan, karena produk UMKM kita tetap terjaga keselamatan dan keamanan pangannya untuk dikonsumsi sehingga nantinya produk olahan perikanan kita semakin maju dan berkembang serta bersaing di pasar nasional,” tutup Wabup Adlin.

Acara dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis bantuan peralatan pengolahan perikanan kepada kelompok pengolah dan pemasar (POKLAHSAR). (Media Center Sergai/Riini Ry).

454 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *