Dihadiri Wapres RI, Wabup Sergai Ikuti Ikrar Merajut Keberagaman Nusantara dari Sumatera Utara

Deli Serdang,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Adlin Tambunan mengikuti acara Ikrar Merajiut Keberagaman Nusantara dari Sumatera Utara, yang digelar di GOR Serbaguna Pemprov Sumatera Utara, Deli Serdang, Kamis (19/10/2023). Acara ini menjadi lebih spesial karena dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin.

Di sela-sela acara, Wabup Sergai menyampaikan jika acara kali ini mengangkat tema “Merajut keberagaman dengan semangat Pancasila dan spirit Dalihan na Tolu untuk Nusantara”. Adlin Tambunan menjelaskan jika acara ini membawa nilai-nilai luhur dalam semangat Dalihan na Tolu yang merupakan konsep filosofis Batak yang berisi prinsip saling menghormati, menghargai, dan menyayangi sesama anak bangsa.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut terselenggara atas gagasan organisasi Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) yang mengambil peran syiar agama Islam dalam bingkai kebangsaan, kegiatan lintas suku dan budaya.

Wabup yang juga merupakan Ketua PW NU Sumut mengapresiasi JBMI yang punya komitmen menjaga kesatuan bangsa, meningkatkan literasi budaya, keislaman, dan kebangsaan, demi terwujudnya Indonesia yang kuat dan tangguh.

Adlin Tambunan kemudian menyampaikan, dalam acara ini Wakil Presiden berulang kali menekankan pentingnya menjaga persatuan di tengah kemajemukan masyarakat Indonesia, apalagi di tahun politik seperti sekarang. Sumatera Utara sebagai salah satu contoh miniatur Indonesia, sebut Wabup, selama ini sudah menunjukkan bagaimana berbagai perbedaan yang ada bisa bersinergi untuk membangun daerah.

“Bapak K.H. Ma’ruf Amin memperingatkan bahanya hoaks yang bisa memecah belah bangsa. Untuk itu beliau mengajak semua masyarakat, apapun agamanya, apapun sukunya, sama-sama saling melindungi dari bahaya informasi hoaks yang berseliweran di mana-mana,” tambahnya.

Dirinya juga menyebut, Wakil Presiden mengajak umat Islam Indonesia untuk menjadi seorang muslim dan muslimah yang moderat, yaitu Islam humanis yang dapat mengayomi semua, dari berbagai lapisan sosial baik etnis maupun agama.

“Islam itu agama yang rahmatan lil alamin, artinya rahmat bagi semesta alam. Maka dari itu, Islam adalah agama yang menyayangi semua mahluk tanpa memandang identitas. Semangat seperti ini yang perlu untuk terus dijaga dalam bingkai kebhinekaan,” tandas Adlin.

Dalam acara ini seluruh hadirin di antaranya Pj. Gubernur Sumut Mayjen TNI (Purn) Hassanudin, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, unsur Forkopimda Provinsi Sumut, perwakilan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumut, perwakilan organisasi etnis di Sumut. Kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan dan menandatangani Ikrar Keberagaman Nusantara. (Media Center Sergai).

Teks/Reporter : Ardi

Editor : Rini Ry

Admin : Julia

181 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *