Evaluasi AKIP, Bupati Sergai: “Ini Bukan Sekadar Nilai, Tapi Peningkatan Akuntabilitas Kinerja”

Sei Rampah

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) secara terus menerus melaksanakan penguatan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan berpedoman kepada peraturan Menteri Pan-RB Nomor 88 tahun 2021.

Pernyataan itu jadi pembuka sambutan Bupati Sergai H. Darma Wijaya melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP saat menghadiri Evaluasi AKIP Pemerintah Kabupaten Sergai Tahun 2023 oleh Kemenpan RB, bertempat di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (19/10/2023).

“Adapun implementasi SAKIP itu meliputi peningkatan kualitas perencanaan kinerja, penilaian pengukuran kinerja, pelaporan kinerja dan evaluasi internal,” ucapnya di hadapan Tim Evaluator yang diketuai oleh Anesia Ribka, S.AP.

Ia menyebut, pihaknya selalu meminta arahan dan petunjuk Kemenpan-RB melalui Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RB Kunwas) baik dengan berkunjung langsung ke kantor Kemenpan-RB atau melalui zoom meeting dan komunikasi elektronik.

“Seluruh rekomendasi yang diberikan telah kami tindaklanjuti. Ada yang sudah selesai, ada pula yang masih dalam proses. Dan itu akan menjadi perhatian kami untuk menyelesaikannya sebaik mungkin,” kata Sekdakab Faisal.

Lebih lanjut disebutkan Faisal Hasrimy bahwa melalui surat resmi progres perbaikan implementasi AKIP, pihaknya melalui OPD terkait akan menyelesaikan secara rutin.

Namun demikian, lebih lanjut ditegaskan bahwa implementasi AKIP diterapkan bukan hanya untuk mencapai nilai semata, namun demi peningkatan akuntabilitas kinerja terhadap anggaran dalam mencapai visi dan misi Pemkab Sergai.

“Untuk itu, kami mohon kepada Tim Evaluator untuk dapat memberikan saran perbaikan yang konkrit agar dapat kami tindaklanjuti segera. Selanjutnya, kami akan mengundang Tim Evaluator dalam jangka waktu satu bulan setelah pemaparan ini dilaksanakan sebagai bukti komitmen kami dalam peningkatan implementasi AKIP di Kabupaten Sergai,” tandasnya.

Di kesempatan ini paparan implementasi AKIP Kabupaten Sergai disampaikan oleh Kepala Bappedalitbang Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Irfan

Admin: Julia

202 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *