Pemkab Sergai Ikuti Monitoring dan Evaluasi Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Medan,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP menghadiri Monitoring dan Evaluasi Implementasi Inpres Nomor 02 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh. Acara ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Four Points by Sheraton Medan, Selasa (24/10/2023).

Di sela-sela kegiatan, Sekdakab menyampaikan jika Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bertujuan untuk memberikan perlindungan sosial kepada pekerja, termasuk penerima upah, bukan penerima upah, pegawai pemerintah non-Aparatur Sipil Negara, dan penyelenggara pemilu.

“Ini membantu mereka mengatasi risiko seperti kecelakaan kerja, cacat, atau kematian yang mungkin terjadi selama bekerja. Dengan adanya jaminan sosial, tenaga kerja merasa lebih aman dan terlindungi. Ini dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan memberikan kepastian terkait perlindungan sosial,” ucap Faisal Hasrimy.

Sekdakab melanjutkan, melalui monitoring dan evaluasi ini, pemerintah dapat memastikan bahwa program jaminan sosial diterapkan dengan efektif.

“Selain itu kegiatan pada hari ini membantu mengidentifikasi masalah dan memastikan bahwa manfaat program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sampai pada yang membutuhkannya,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini, Faisal menjelaskan didapatkan data dan informasi tindak lanjut Pemerintah Daerah se-Sumut terkait Inpres Nomor 2 tahun 2021.

“Di sini juga tim monitoring dan evaluasi menginventarisasi potensi dan kendala dalam implementasi perluasan kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Selanjutnya mereka juga memastikan komitmen pemerintah daerah dalam perluasan kepesertaan pada program tersebut. Dan hasilnya akan dijadikan bahan masukan laporan kepada Presiden,” lanjutnya.

Di kesempatan ini, perwakilan seluruh kabupaten dan kota mempresentasikan penganggaran pemerintah daerahnya terkait implementasi program Jaminan Sosial dan Ketenagakerjaan.

Hadir dalam kegiatan ini Tim Koordinasi Inpres 2/2021 (Kemenko PMK, KSP dan Setkab) dan Kementerian Dalam Negeri, jajaran BPJS Ketenagakerjaan berikut Deputi Direktur Wilayah berikut Kepala Kantor Cabang se-Sumut, mewakili Pj. Gubernur Sumut Staf Ahli Gubernur. Bid. Hukum, Politik dan Pemerintahan. Ir. Muhammad Armand Effendy Pohan, M.Si., Kepala Bappeda Litbang Sergai Rusmiani Purba, MM, Kadisnakerkop Sergai Ikhsan, AP, M.Si, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sergai Hendrik Timbul H. Manullang, dan perwakilan dinas terkait. (Media Center Sergai).

Teks/Liputan : Ardi

Editor : Rini Ry

Admin : Julia

451 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *