Kominfo Sergai Ikuti Seminar dan Pelatihan Public Speaking Dalam Rangka HUT Humas Polri

Sei Rampah,

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai (Diskominfo Sergai) mengikuti seminar dan pelatihan peningkatan kemampuan Public Speaking Fungsi Humas dalam rangka HUT Humas Polri yang digelar oleh Kepolisian Ressort Serdang Bedagai (Polres Sergai) bertempat di Aula Patria Tama Polres Sergai di Sei Rampah, Rabu (25/10/2023).

Turut ikut dalam kegiatan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Sergai Rini Rahmayani, S.I.Kom. M.Si, Pranata Humas Muda Nurlenti Purba S.Sos, M,I.Kom, Kasubbag Humas Polres Sergai Ipda Brimen SH,MH, pejabat Humas dari sejumlah institusi seperti Kodim 0204/DS, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri Sergai, BNN Sergai, para Duta Siswa Anti Narkoba serta jajaran Humas Polres Sergai.

Acara dibuka oleh Wakapolres Sergai Kompol Damos Cristian Aritonang mengemukakan bahwa dalam menjalankan tugas dan fungsinya, pejabat kehumasan harus mampu berkomunikasi secara efektif, baik secara verbal maupun nonverbal sehingga informasi dapat disampaikan dengan tepat kepada audiens.

“Penting sekali menguasai keterampilan komunikasi efektif dalam menjalankan tugas-tugas sebagai aparat dan abdi negara, karena kita akan selalu berhubungan dengan banyak pihak termasuk dengan media massa”, ucap Wakapolres.

Selanjutnya dijelaskan Kompol Damos Aritonang bahwa sebagai juru bicara instansi, Pejabat Humas harus memiliki kompetensi komunikasi yang baik khususnya untuk berbicara di depan umum (public speaking) karena sering sekali kita dihadapkan dengan kesempatan wawancara dengan media massa ataupun berpidato memberikan sambutan. Untuk itu, melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi pejabat kehumasan di seluruh instansi pemerintahan di Kabupaten Sergai, pungkasnya.

Bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan ini Andi, S.Kom, SH, MM, CPM, CPS, C.Pst, CTPM, dalam kesempatan ini menyampaikan materi tentang persiapan, manfaat, teknik dan hambatan dalam melaksanakan public speaking.

Kepercayaan diri adalah salah satu modal utama keberhasilan public speaking serta melakukan latihan secara terus menerus untuk dapat menguasai teknik berbicara di depan umum.

Di sela-sela kegiatan turut hadir Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta untuk mengikuti dan memotivasi peserta untuk antusias mengikuti pelatihan.

 

Teks/Reporter: Lenti

Editor : Rini Ry

Admin : Julia

343 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *