Pemkab Sergai Komitmen Tingkatkan Pertanian Holtikultura dan Dorong Kemajuan UMKM

Dolok Masihul,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri syukuran pembangunan kumbung atau rumah budidaya jamur bertempat di Dusun VII Desa Blok X, Kecamatan Dolok Masihul, Kamis (26/10/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menjelaskan kalau kumbung jamur milik Kelompok Tani Jatiramdo ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Sergai.


Disampaikan oleh Darma Wijaya, Pemkab Sergai mempunyai visi mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius. Pelaksanaan misi melalui Sapta Dambaan (Sapda) pada bidang pertanian adalah Pertanian yang Mandiri dan Berkelanjutan.

“Kabupaten Sergai merupakan salah satu daerah penghasil tanaman hortikultura di Provinsi Sumatera Utara. Menurut data Dinas Pertanian tahun 2022, produksi tanaman sayuran dan buah-buahan semusim yang dicapai sebesar total 112,05 ton,” jelasnya.

 
Disampaikan oleh Bupati, pihaknya masih punya target menjadikan Kabupaten Sergai sebagai salah satu inisiator hilirisasi pertanian di Provinsi Sumatera Utara. Ia menuturkan, ada beberapa langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai hal tersebut, di antaranya memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mulai dari tingkat desa hingga kecamatan dan memperbanyak kerja sama lintas sektor untuk pendampingan, inovasi, bimbingan serta pelatihan penyuluh dan petani serta pelaku usaha.

Hal tersebut, harapnya, dapat mendorong peningkatan kualitas UMKM serta memberikan penguatan ekonomi masyarakat yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan.


“Namun untuk melaksanakan langkah-langkah tersebut tentunya banyak tantangan yang harus dihadapi. Tantangan yang ada akan dapat diatasi dengan adanya kerja keras, bantuan, kerja sama, sinergi dan kolaborasi dengan para pihak lainnya. Semoga program ini berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi terhadap upaya peningkatan produksi jamur di Kabupaten Sergai,” tandasnya.

Sementara Sekertaris Kontak Tani Nelayan Andalan Indonesia (KTNI) Kabupaten Sergai Usman Effendi Sitorus menyebut inovasi dalam bidang pertanian telah mengangkat nama Kabupaten Sergai. Salah satu bukti nyatanya adalah status Sergai sebagai lumbung padi terbesar kedua di Provinsi Sumut.


“Infrastruktur pertanian sudah banyak ditingkatkan sehingga pertanian kita semakin berkualitas. Struktur perikanan dan peternakan juga telah pelan-pelan bangkit di Sergai. Hal ini tentu patut disyukuri dan diharapkan dapat terus dipertahankan,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Camat Dolok Masihul Dra. Fitrianti Harahap, M.Si serta unsur Forkopimcam Dolok Masihul.

Teks/Editor : Ardi/Lenti
Reporter : Irfan
Admin: Julia
434 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *