Hadiri Kenduri Maulid Nabi di Dolok Masihul, Bupati Sergai Sampaikan Beberapa Pesan Penting

Dolok Masihul,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri Kenduri Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M Pemkab Sergai yang dilaksanakan di Masjid Istiqomah Desa Dolok Menampang, Kecamatan Dolok Masihul, Sabtu (29/10/2023) malam.

Kenduri Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW ini mengangkat tema “Meneladani Rasulullah SAW dalam Kehidupan Sehari-hari Menuju Masyarakat Mandiri, Sejahtera, dan Religius.”

Lewat sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyebut Maulid Nabi ini adalah momen untuk meneladani nilai-nilai dan ajaran Rasulullah SAW yang diberikan untuk umatnya dalam menjalani kehidupan ibadah maupun bermuamalah.

“Namun, perlu kita ingat bahwa maulid bukan hanya tentang perayaan semata, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat silaturahmi kita, serta untuk menambah pengetahuan kita tentang agama,” ucap Bupati.

Lewat kesempatan ini, dirinya juga menyampaikan masalah yang sangat mendesak, yaitu peredaran narkoba di Kabupaten Sergai. Menurutnya, kehadiran narkoba telah mengkhawatirkan dan meresahkan masyarakat, dengan banyaknya laporan kehilangan barang-barang berharga.

“Oleh karena itu, kami mengharapkan peran aktif dari masyarakat, terutama para ibu-ibu yang kami lihat lebih berani untuk melaporkan kejadian-kejadian terkait narkoba. Kami mendorong para ibu-ibu untuk berani melaporkan para bandar narkoba yang mereka ketahui,” pesan Darma Wijaya.

Dirinya juga mengajak semua warga untuk bersama-sama menjaga daerahnya masing-masing, khususnya di Dolok Manampang. Anak-anak, sebutnya, sadalah harapan dan generasi masa depan, oleh karena itu, perhatian dan pengawasan terhadap mereka sangat penting.

“Untuk membantu sektor pendidikan, kami telah membangun pesantren di Desa Bantan, tepatnya di Bagot Puluan. Pesantren ini bukan hanya untuk anak-anak yang kurang mampu, tapi juga untuk orang tua yang ingin memberikan pendidikan agama yang baik kepada anak-anaknya. Biaya di pesantren ini kami gratiskan, sehingga semua yang ingin berpartisipasi dapat bergabung,” tambah Bupati sembari berpesan bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anak-anaknya di pesantren ini, diharapkan dapat melaporkan hal ini kepada Camat, sehingga bisa dilakukan pendataan.

Tahun ini, Bupati Sergai juga menyampaikan jika pihaknya telah memberikan kesempatan kepada 200 orang untuk melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang kuliah, dan pada tahun depan, ia menargetkan untuk memberikan kesempatan kepada 400 orang pelajar lainnya.

“Dengan kerjasama dan dedikasi kita, saya yakin kita dapat mengatasi tantangan-tantangan ini bersama-sama. Terima kasih, dan mari kita lanjutkan perayaan Maulid Nabi ini dengan rasa syukur dan semangat untuk membangun masyarakat yang lebih baik,” tandasnya.

Sementara itu Edi Resmanto, salah seorang tokoh masyarakat setempat, mengungkapkan jika masjid tempat berlangsungnya acara ini dibangun salah satunya oleh masyarakat suku banjar yang berasal dari Kalimantan.

“Kebetulan ustadz yang kita undang hari ini yaitu Tuan Guru KH. Fakhruddin Nur yang punya darah Banjar dan berasal dari Kalimantan Selatan, bisa dibilang punya keluarga yang berkontribusi dalam berdirinya masjid ini,” ucapnya.

Di kesempatan serupa, Ketua Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M Azhari Siregar mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sergai dan seluruh pihak yang terlibat dalam terselenggaranya acara ini.

“Terima kasih atas dukungan dari para masyarakat dan panitia dalam menyukseskan acara yang kita gelar pada malam ini,” ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua MTMD Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, para Staf Ahli, anggota DPRD Edi Resmanto, Camat Dolok Masihul Dra. Fitrianti Harahap M.Si, unsur Forkopimcam Dolok Masihul, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan para masyarakat sekitar. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

396 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *