Serahkan SK PIP se-Kecamatan Dolok Masihul dan Bintang Bayu, Bupati Sergai Anggap Sofyan Tan Tokoh Pendidikan Sergai

Dolok Masihul,

Program Indonesia Pintar (PIP) tidak hanya mencerminkan sebuah visi, tetapi juga kepedulian yang mendalam terhadap masa depan anak-anak kita.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya saat menghadiri Acara Penyerahan surat Keputusan (SK) PIP se-Kecamatan Dolok Masihul dan Bintang Bayu yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Perkebunan Havea, Kecamatan Dolok Masihul, Senin (6/11/2023).

Bupati Sergai dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sergai dengan luas wilayah yang begitu besar dan jumlah penduduk yang menempati peringkat ke-6 di Sumatera Utara (Sumut), turut menghadapi tantangan besar dalam bidang pendidikan.

Dari data yang ia peroleh, hanya 10% dari penduduk Sergai yang berhasil meraih gelar sarjana. Angka ini tergolong minim dan menjadi sinyal untuk melakukan pembenahan.

“Maka, dalam pertemuan saya dan Pak Sofyan Tan, kami berdua mendiskusikan bagaimana meningkatkan sektor pendidikan di Sergai. Inisiatif luar biasa Bapak Sofyan Tan untuk memberikan beasiswa kepada 200 anak di Sergai untuk menempuh pendidikan tinggi selama 4 tahun sungguh luar biasa. Hal ini menjadi tonggak bagi peningkatan pendidikan di daerah kita. Inilah alasan mengapa kami menganggap Bapak Sofyan Tan sebagai Bapak Pendidikan di Sergai,” ujar Bupati.

Tahun ini, lanjut Bupati, bantuan pendidikan dari pusat yang diberikan telah mencapai 14.000 dan di tahun mendatang, jumlahnya diproyeksikan meningkat menjadi 30.000 untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah. Menurutnya, ini adalah langkah konkret untuk memajukan pendidikan di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Pendidikan adalah pondasi yang sangat penting dalam mengangkat martabat dan harkat hidup keluarga kita. Perubahan yang kita dambakan berakar dari pendidikan. Oleh karena itu, kami telah mengalokasikan dana sebesar 10 Miliar untuk membangun perpustakaan di Sergai, harapan kami, agar minat membaca semakin meningkat,” tambahnya.

Terakhir Bupati Sergai meyakini bahwa pendidikan adalah kunci untuk meraih impian.

“Harapan saya sungguh besar, bahwa anak-anak di Sergai akan diberi semangat untuk meraih kesuksesan, terlebih lagi ketika pendidikan telah mendapat dukungan yang lebih besar. Dalam kesempatan ini, marilah kita bersama-sama menjunjung tinggi semangat untuk pendidikan yang lebih baik. Terima kasih kepada Bapak Sofyan Tan atas dedikasi dan bantuannya dalam menjadikan pendidikan di Sergai menjadi lebih baik. Mari kita bekerja bersama demi masa depan yang lebih cerah bagi generasi penerus kita,” pungkasnya.

Sementara itu Sofyan Tan di kesempatan yang sama menyampaikan kalau dirinya punya perhatian dan harapan yang tinggi terhadap sektor pendidikan di Kabupaten Sergai.

“Saya berharap lewat program-program pendidikan yang telah berjalan di sini, beberapa tahun ke depan Sergai punya 2.000 sarjana baru,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan ini Camat Bintang Bayu Despa Saragih, SE, Camat Dolok Masihul Dra. Fitrianti Harahap, M.Si, para orang tua siswa, para korwil, dan tokoh masyarakat.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Irfan

Admin : Julia

 

395 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *