Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Sergai Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

Serdang Bedagai,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya membuka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata bertempat di Aula Theme Park Pantai Cermin, Senin (6/11/2023).

Dalam Sambutannya, Bupati Sergai Darma Wijaya menyampaikan pengembangan desa wisata merupakan salah satu fokus dari Pemkab Sergai yang tertuang di dalam Sapta Dambaan yaitu, “Wisata Maju Terus”.

Menurut Bupati, pengembangan desa wisata memiliki banyak dampak positif kepada masyarakat Sergai. Dengan berkembangnya desa wisata pada sektor pariwisata, maka secara otomatis akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

 

“Kabupaten Sergai sendiri memiliki potensi yang luar biasa mulai pantai sampai gunung. Kita memiliki pantai yang panjang mulai dari Pantai Cermin, Perbaungan, Tanjung Beringin dan Bandar Khalifah dan gunung ada di wilayah Kecamatan Sipispis, saat ini bagaimana kita mengemasnya menjadi potensi wisata yang menarik bagi wisawatawan”, ucap Bupati.

Dikatakan Bupati, pengembangan desa wisata diperlukan strategi yang inovatif, kreatif dan bisa menunjukkan identitas serta ciri khas daerah. untuk itu kepada pengelola desa wisata agar terus melakukan pengembangan, serta fokus pada potensi desa wisata masing-masing yang sifatnya inovasi dan berdampak langsung pada masyarakat.

“Dengan adanya pelatihan pegelolaan desa wisata ini, pengelola desa wisata dapat mengembangkan wisata desa yang memiliki nilai tambah, manfaat, serta menghasilkan produktivitas yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Pembangunan infrastruktur juga terus kami lakukan, hal ini juga untuk menunjang kenyamanan para pengunjung menuju objek wisata di Sergai”, pungkas Bupati Darma Wijaya.

Sementara dalam laporannya, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Akmal menyampaikan kegiatan ini bertujuan dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata dan potensi desa wisata di Sergai yang diikuti oleh pengelola desa wisata yang dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai 8 November.

Turut hadir dalam Kegiatan Asisiten Ekonomi Pembangunan Fitriadi, S.Sos, M,Si, Camat Pantai Cermin Fajar Kurniawan, para Narasumber serta para peserta dan undangan.(Media Center Sergai)

Teks/Editor : Lenti

Reporter : Jefri

Admin : Julia

 

 

 

862 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *