Bupati Sergai harap Bantuan Ekskavator Dorong Perkembangan Sentra Produksi Perikanan Budidaya

Perbaungan,

Dalam upaya meningkatkan pengembangan budidaya perikanan, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menyerahkan bantuan berupa 1 unit ekskavator bagi Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sukajadi Makmur, Rabu (8/11/2023). Penyerahan bantuan yang berasal dari Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia ini berlangsung di Desa Sukajadi, Kecamatan Perbaungan.

Bupati Sergai dalam sambutannya di hadapan perwakilan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Dedi Dwi Suryanto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Fitriadi S.Sos, M.Si, Kadis Kominfo Ingan Malem Tarigan SE, tokoh masyarakat, tokoh agama, anggota Pokdakan Sukajadi Makmur, dan masyarakat sekitar, menyampaikan salah satu upaya penting untuk mempertahankan populasi ikan di perairan umum adalah dengan melakukan budidaya perikanan. Hal ini menurutnya tidak hanya untuk menjaga keberadaan ikan tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan pangan yang bergizi bagi masyarakat.

Menurut Bupati, wilayah Kabupaten Sergai memiliki potensi alam yang kaya, terutama dalam hal sumber air untuk perikanan air tawar, laut maupun air payau.

“Sungai dan anak sungai yang melintasi wilayah kita menjadi sumber air penting untuk usaha pertanian dan perikanan air tawar. Bahkan, sebagian sungai bermuara di daerah pesisir yang berpotensi untuk pengembangan budidaya perikanan air laut dan payau. Potensi geografis ini memberikan kesempatan besar untuk mengembangkan usaha budidaya perikanan di wilayah kita,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan rasa syukur atas bantuan berupa satu unit ekskavator dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. Bantuan ini, sambungnya, akan sangat membantu dalam pembangunan kolam dan jaringan irigasi sebagai infrastruktur awal untuk usaha budidaya perikanan.

“Kolam budidaya perikanan umumnya terbuat dari tanah dan membutuhkan pasokan air yang baik. Dengan adanya jaringan irigasi yang dibangun melalui alat berat seperti ekskavator, pembangunan kolam dan infrastruktur irigasi dapat dilakukan dengan lebih mudah,” katanya lebih lanjut.

Darma Wijaya berharap bantuan ini akan mendorong perkembangan sentra produksi perikanan budidaya, terutama di kampung budidaya perikanan yang baru saja kita dirikan di Desa Suka Jadi dan juga dapat dipinjamkan kepada kelompok pembudidaya ikan di wilayah kecamatan lain.

“Perlu diingat bersama bahwa ekskavator ini adalah milik kita semua. Mari kita jaga dan rawat bersama untuk mendukung produksi perikanan budidaya di Kabupaten Sergai. Dengan demikian, seperti yang saya katakan sebelumnya, menangkap ikan tidak lagi sulit. Dengan adanya eksakavator, kita dapat lebih mudah dalam menjalankan usaha budidaya perikanan di wilayah kita,” pungkas Bupati.

Sebelumnya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sergai Claudia Evinta Siregar, SKM, M.Kes, dalam laporannya menerangkan jika bantuan ekskavator ini bertujuan untuk mendukung berjalannya kegiatan usaha di bidang perikanan khususnya perikanan budidaya dengan bantuan sarana untuk kemudahan pembuatan tambak/kolam dan jaringan irigasi.

“Sedangkan untuk sasarannya yaitu terpeliharanya infrastruktur seperti kolam dan jaringan irigasi untuk mendukung usaha di bidang perikanan budidaya dan termanfaatkannya potensi perikanan daerah melalui rehabilitasi dan pencetakan tambak atau kolam baru,” jelasnya.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Jefri

Admin : Julia

 

 

 

 

402 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *