Kunjungan Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG, Bupati Harap Sergai dapat Penilaian Terbaik

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati (Wabup) Adlin Tambunan menghadiri kegiatan Verifikasi Lapangan Penyelenggaraan Pengarusutamaan Gender (PUG) yang merupakan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) bagi kepala daerah tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (8/7/2023).

Membuka sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan selamat datang di Kabupaten Sergai kepada Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG tahun 2023 dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara ini.

“Besar harapan kami hasil verifikasi atas berbagai penerapan penyelenggaraan PUG dalam proses pembangunan dan inovasi di Sergai dapat memuaskan, dan penilaian terbaik dapat diraih,” ucap Bupati.

Bupati kemudian mengajak hadirin mengingat bahwa pada tahun 2018 Kabupaten Sergai telah mendapatkan predikat Madya penghargaan APE. Penghargan ini, terangnya, diberikan kepada kepala daerah yang dinilai berkomitmen serta mampu menerapkan strategi PUG dan pemenuhan hak anak pada berbagai sektor pembangunan.

“Sergai juga dinilai berhasil melembagakan PUG dengan melibatkan dunia usaha dan lembaga masyarakat, sehingga dinilai pantas meraih predikat madya. Saya harap predikat ini dapat terus ditingkatkan, serta tercapai kesetaraan dan keadilan gender di Sergai,” tambah Bupati.

Pada kesempatan ini, Darma Wijaya juga menyampaikan apresiasi atas penilaian APE, yang merupakan ajang bergengsi dalam bidang kesetaraan dan keadilan gender.

Menurutnya ajang ini membuat dirinya bersemangat untuk selalu meningkatkan APE di Sergai karena baginya kesetaraan dan keadilan gender adalah aspek penting yang harus dipenuhi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena seluruh warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan diri, serta berpartisipasi dalam setiap kegiatan berbangsa dan bernegara.

“Kami telah berkomitmen untuk menyusun dan menerapkan kebijakan, program, dan pendanaan untuk pengarusutamaan gender di Sergai. Anggaran yang responsif gender di Sergai tahun 2021 sebesar Rp.841.501.164.187 rupiah (50%) dan di tahun 2022 meningkat menjadi sebesar Rp1.77.748.964.262 (66%).

Terakhir Bupati Sergai menyatakan bahwa pada kepemimpinan dirinya dan Wabup Adlin Tambunan, pihaknya berkomitmen untuk lebih meningkatkan upaya mewujudkan pengarusutamaan gender.

“Kabupaten Sergai siap wujudkan kesetaraan dan keadilan gender,” tandasnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sergai dr. Helminur Iskandar Sinaga, M.Kes, menyebut PUG ini dianggap sangat penting sehingga Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan Inpres no. 9 tahun 2000 tentang PUG dalam pembangunan nasional.

Selain itu Kabupaten Sergai telah menindaklanjutinya dengan menerbitkan Peraturan Bupati Sergai Nomor 43 tahun 2017 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan PUG Kabupaten Sergai dan beberapa kebijakan lainnya yang mendukung pelaksanaan PUG.

“Di antaranya Keputusan Bupati Sergai No. 555/18.27/tahun 2017 tentang Pembentukan Kelompok Kerja PUG Kabupaten Sergai dan Keputusan Bupati Sergai No.548/18.27/tahun 2017 tentang Pembentukan Sekretariat Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender Kabupaten Sergai,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala BNNK Sergai Ir. Pinondang Poltak Marganda, Asisten Pemerintahan Umum Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, para Kepala OPD, dan perwakilan OPD terkait. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/RiniRy

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

357 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *