Bupati Sergai Dorong Efisiensi dan Stabilitas Keuangan Daerah Jelang Pemilu dan Pilkada

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) ambil bagian dalam rapat koordinasi (rakor) Percepatan Penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Pendanaan Kegiatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024. Rapat tersebut berlangsung di Ruang Rapat Sekda, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (16/11/2023).
Dalam rapat yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., secara virtual, dijelaskan bahwa pemilu 2024 akan menjadi pemilu serentak pertama dalam sejarah Indonesia. Menurutnya, pada 14 Februari, pemilih akan memilih Presiden, Wakil Presiden, dan Anggota Legislatif, sementara Pemilihan Kepala Daerah Serentak, Gubernur, Bupati, dan Walikota akan dilaksanakan pada 27 November 2024.
Mendagri Tito Karnavian menekankan pentingnya dukungan dari Kepala Daerah, KPU, Bawaslu, dan aparat keamanan untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2024.
Bupati Sergai H. Darma Wijaya, menyoroti pentingnya penyesuaian anggaran pelaksanaan Pilkada dengan kondisi keuangan Kabupaten Sergai. Ia meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sergai menyesuaikan anggaran yang telah disepakati, mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemkab Sergai.
“Dengan menyelaraskan anggaran Pilkada dengan kapasitas keuangan yang tersedia, kami berharap agar proses demokrasi dapat berjalan efisien tanpa mengganggu stabilitas keuangan daerah,” ujarnya.
Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, mengapresiasi langkah konkret Bupati dalam memimpin Kabupaten Sergai, terutama dalam menyeimbangkan keuangan daerah.
“Kondisi keuangan daerah mengalami perbaikan pada tahun 2023, dengan pendapatan dan belanja yang relevan sehingga Kabupaten Sergai tidak mendapat koreksi khusus oleh Mendagri,” katanya.
Rakor ini dihadiri oleh komisioner KPU Sergai, Dandim 0204 Deli Serdang Letkol Czi. Yoga Febrianto, Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, Asisten Administrasi Umum Kaharrudin, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Fitriadi, Kaban Kesbangpol Nasrul Azis Siregar, Staf ahli Bidang Kemasyarakatan & SDM Kahar Effendi dan Kaban Bappedalitbang Rusmiani Purba. (Media Center Sergai).
Teks/Editor : Ardi/Rini Ry
Reporter : Hans
Admin : Maya
87 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *