Pemkab Sergai Komitmen Terus Laksanakan Penguatan Implementasi SAKIP

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab Sergai) M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menghadiri rapat pemaparan tindak lanjut atas saran perbaikan Implementasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Sergai oleh Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Se8i Rampah, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh Kepala Subbagian Penyusunan Anggaran pada Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan-RB Firmansyah, S. ST.

Lewat sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekdakab, Bupati menegaskan jika Pemkab Sergai secara terus menerus melaksanakan penguatan implementasi SAKIP dengan berpedoman kepada Peraturan Menpan-RB Nomor 88 tahun 2021 meliputi peningkatan kualitas perencanaan kinerja, penilaian pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, dan evaluasi internal.

Berbagai progres perbaikan implementasi AKIP, lanjutnya, telah ditindaklanjuti sesuai dengan saran perbaikan yang disampaikan oleh tim evaluator di antaranya dengan menyusun peta logical frame work Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) perubahan dan pengentasan kemiskinan, kemudian menyusun rincian program dan kegiatan pengentasan kemiskinan, selanjutnya menyampaikan inovasi apa saja yang ada hubungannya dengan pengentasan kemiskinan, lalu menyampaikan ciri khas kemiskinan di Sergai, dan terakhir menyampaikan informasi refocusing anggaran tahun anggaran 2021 sampai dengan 2023 yang menunjukkan adanya pergeseran anggaran dari program non-pengentasan kemiskinan kepada pos anggaran pengentasan kemiskinan.

“Progres perbaikan ini tidak akan berhenti di tahun ini saja, tapi akan kami tindaklanjuti secara terus menerus pada tahun yang akan datang melalui kegiatan pendampingan dan konsultasi, pendidikan dan pelatihan, serta pengembangan aplikasi penilaian mandiri SAKIP,” lanjutnya.

Terakhir Bupati juga menyampaikan bahwa Sergai pada tahun 2023 mendapatkan dana Insentif Fiskal Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

“Apresiasi pemerintah pusat atas kinerja tersebut kami dapatkan melalui penyelarasan dan sinkronisasi program kegiatan pengentasan kemiskinan oleh seluruh perangkat daerah,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan ini para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, para Camat, dan perwakilan OPD terkait. (Media Center Sergai).

Teks/!Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Jepri

Admin : Julia

231 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *