Jaga Kondusivitas Jelang Pesta Demokrasi di Kabupaten Sergai Lewat Deklarasi Pemilu Damai

Sei Rampah

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Tambunan menghadiri Deklarasi Pemilihan Umum (Pemilu) Damai Sergai Tahun 2024, yang dilaksanakan di Aula Sultan Sergai, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (23/11/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyebut acara ini menjadi titik awal bagi tahapan kampanye pemilihan umum yang akan melibatkan seluruh partai politik peserta pemilu, tim pemenangan, dan Calon Presiden/Wakil Presiden serta anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

“Sebelumnya, proses pemilu tahun 2024 telah melalui beberapa tahapan, termasuk penetapan daftar calon tetap anggota DPR/DPRD, penetapan pasangan calon dan nomor urut pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden. Namun, momentum deklarasi pemilu damai ini memberikan sentuhan semangat baru dengan mengawali tahapan kampanye yang akan membawa para pemilih lebih dekat dengan para calon dan program kerja yang mereka tawarkan,” tambahnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai mengingatkan pentingnya deklarasi pemilu damai sebagai faktor kunci dalam menjaga kedamaian dan ketertiban selama proses pemilu. Ia menyampaikan harapan bahwa deklarasi ini menjadi komitmen bersama seluruh peserta pemilu untuk menjaga keamanan dan ketertiban, serta menciptakan suasana kondusif di masyarakat.

 

“Pelaksanaan deklarasi pemilu damai ini merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam proses pelaksanaan pemilu tahun 2024 di Kabupaten Sergai. Kita berharap deklarasi ini dapat menjadi komitmen dan kesepakatan bersama seluruh peserta pemilu di Kabupaten Sergai, seluruh pendukung, dan tim pemenangan/tim sukses untuk tetap menjaga keamanan, ketertiban, dan kondusivitas pelaksanaan pemilu tahun 2024,” ujar Bupati dengan tegas.

Lebih lanjut, Bupati juga menegaskan bahwa perbedaan pandangan dan pilihan politik harus disalurkan dengan cara yang sesuai dengan nilai-nilai demokrasi yang telah dibangun dalam masyarakat. Dukungan kepada kandidat jangan sampai merugikan integritas demokrasi yang selama ini menjadi dasar dari kehidupan berpolitik di Indonesia.

“Kita tidak harus selalu sejalan dalam setiap pandangan politik. Namun, mari kita jaga agar perbedaan pandangan tersebut tidak mengganggu suasana kondusif yang sudah kita ciptakan bersama,” tambahnya.

Deklarasi pemilu damai ini diharapkan Darma Wijaya bukan hanya menjadi formalitas, namun juga menjadi komitmen nyata seluruh pihak untuk menjaga kedamaian dan menjalani tahapan pemilu dengan sportivitas. Dalam upaya tersebut, ia juga berharap partisipasi masyarakat diharapkan meningkat dari pemilu sebelumnya.

“Penting bagi kita untuk terus mensosialisasikan dan menyukseskan pemilu tahun 2024 di Kabupaten Sergai. Partisipasi masyarakat perlu ditingkatkan agar pemilihan kali ini benar-benar mencerminkan suara rakyat dan memberikan mandat yang kuat untuk pembangunan di masa mendatang,” tandas Bupati.

Sebagai penutup sambutannya, Bupati Sergai mengajak semua pihak untuk menjaga persatuan dan kesatuan, memelihara kedamaian dan ketertiban, serta tetap mematuhi segala ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Deklarasi pemilu damai ini tidak hanya menjadi cikal bakal kampanye yang adil dan berintegritas, tetapi juga sebagai tonggak keberhasilan demokrasi di Kabupaten Sergai,” pungkasnya.

Acara ini dirangkaikan dengan panandatanganan Deklarasi Pemilu Damai Sergai.

Acara ini dihadiri antara lain oleh Ketua DPRD Sergai H. M. Ilham Ritonga, SE, Kapolres Sergai AKBP. Oxy Yudha Pratesta, SIK, Kejari Sergai Mayhardy Indra Putra SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Sei Rampah Zulfikar Siregar, SH, MH, Ketua Pengadilan Agama Sei Rampah Bapak Sarifuddin, S.H.I., M.H, jajaran Bawaslu Sergai, jajaran KPU Sergai, para Ketua Partai Politik di Sergai, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Kaban Kesbangpol Sergai Drs. Nasrul Azis Siregar, serta perwakilan OPD terkait.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Irfan

Admin : Julia

382 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *