Di Momen Peringatan Hari Ibu, Bupati Sergai Ajak Masyarakat Apresiasi Peran Penting Perempuan dalam Pembangunan

Sei Rampah

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kahar Effendi, S.Sos, menghadiri Peringatan Hari Ibu ke-95 Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sergai yang digelar di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (13/12/2023).

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati menyampaikan sambutan baiknya atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita semua, terutama kaum Ibu di Sergai,” ucapnya.

Bupati Sergai menyebut, peringatan Hari Ibu bertujuan untuk mengingatkan kepada seluruh warga negara Indonesia, untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

“Ikrar para pejuang pada Kongres Perempuan Indonesia pertama tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta merupakan tonggak sejarah puncak perjuangan kaum perempuan. peringatan Hari Ibu ini merupakan moment penting sebagai penghargaan dan penghormatan terhadap peran luar biasa perempuan Indonesia dalam memajukan kehidupan bangsa, serta sebagai kesempatan untuk merayakan kekuatan dan peran perempuan dalam pembangunan,” jelasnya.

Darma Wijaya berharap momen ini bisa mendorong peningkatan kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam mengisi kemerdekaan serta pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan, demi mewujudkan tujuan kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Masih lanjut Bupati, peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 diselenggarakan dengan tema: “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” yang dirangkai dalam 4 (empat) subtema yang saling terkait untuk membingkai semangat dan gerakan perempuan Indonesia dalam menoreh prestasi membanggakan bagi kemajuan bangsa.

Perempuan berdaya dan berkarya, sebut Bupati, merupakan panggilan untuk memahami dan menghargai kontribusi yang signifikan yang diberikan oleh perempuan dalam memajukan negara ini. Menurutnya perempuan di Indonesia telah mengambil peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, dan sosial-budaya. Perempuan adalah pilar utama dalam membangun fondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan.

“Perempuan bukan hanya penerima manfaat pembangunan, tetapi juga agen perubahan yang aktif. Perempuan Indonesia telah menjadi penggerak dalam mendorong inovasi, keadilan sosial, dan kesetaraan gender. Perempuan Indonesia adalah perempuan-perempuan tangguh dan berdaya yang mampu mewarnai segala proses memajukan bangsa mewujudkan kesejahteraan,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menyampaikan, Hari Ibu ini menjadi momentum penting untuk semua pihak merenung dan mensyukuri peran serta perempuan Indonesia dalam membentuk pondasi bangsa yang kokoh. Baginya, perempuan bukan hanya sebagai pendukung, tetapi juga sebagai penggerak utama dalam berbagai aspek kehidupan.

“Tema Hari Ibu tahun ini, “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” mencerminkan harapan kita terhadap perempuan Indonesia, khususnya di Kabupaten Sergai. Perempuan memiliki peran strategis dalam membangun fondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan,” lanjutnya.

Melalui peran Tim Penggerak PKK, dirinya yakin jika peran perempuan dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, dan sosial budaya dapat terus diperkuat. Dalam mengimplementasikan tema ini dalam peringatan Hari Ibu, dirinya menyebut panitia telah menyiapkan acara talk show yang akan diisi perempuan-perempuan Sergai ya g telah berkiprah di bidang pendidikan, olahraga, kemanusiaan dan ekonomi.

“Sebagai perempuan, kita memiliki keunikan dan kemampuan luar biasa. Kita dapat berperan di berbagai bidang kehidupan, seperti politik, ekonomi, dan pendidikan. Kita adalah pilar utama dalam membangun fondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan,” kata Ketua TP-PKK.

Acara diisi dengan Talkshow sesuai tema perayaan hari Ibu tahun ini dipandu moderator Penyiar Radio Sergai FM Budi Purwanto dan diisi oleh Narasumber Tetty Hariani Panjaitan yakni Penggiat Sosial pemerhati Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Sofi Ramli (IPEMI Sergai), Yanti Handayani Siregar (Penggiat Pendidikan),

Putri Yani (Perempuan Atlit Disabilitas) dan Ketua TP PKK Ny Rosmaida Darma Wijaya.

Peringatan Hari Ibu ini dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, serta para Kepala OPD.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Irfan

Admin : Julia

600 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *