Jelang Nataru, Stok dan Harga Pangan di Pasar Rakyat Sei Rampah Terpantau Stabil

Sei Rampah,

Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar sidak harga pasar, Rabu (20/12/2023). Sidak kali ini berlangsung di Pasar Rakyat Sei Rampah dihadiri Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan beserta dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sergai.

Di sela-sela kegiatan, Bupati menyebut sidak harga pasar ini bertujuan untuk memastikan kestabilan harga barang kebutuhan pokok di tengah masyarakat.

 

 
Bupati, dalam keterangannya, menyebut hingga saat ini harga-harga di pasar di Pasar Rakyat Sei Rampah cenderung masih dalam kondisi stabil.

“Alhamdulillah, sampai dengan hari ini harga-harga barang pokok masih stabil dan tidak terjadi kenaikan ataupun penurunan yang signifikan berdasarkan harga yang ditetapkan oleh pemerintah,” ujarnya.

 

 
Meski demikian, Bupati menemukan beberapa kenaikan sejumlah barang walau tergolong tidak drastis, salah satunya komoditas gula pasir.

“Harga gula yang ditetapkan di kisaran Rp. 16.000, namun ada beberapa pedagang yang menjualnya di harga Rp. 17.000. Meskipun begitu, hal ini masih tergolong wajar karena kenaikannya tidak terlalu tinggi,” tambah Bupati.

Dari hasil pantauan, Bupati mengkliam kalau ketersediaan pasokan bahan kebutuhan pokok di pasaran masih terjaga dan tidak ditemukan kelangkaan. Selain itu, dia juga menyebut pengawasan terhadap kondisi harga di masa-masa jelang Nataru akan terus dilaksanakan. Pihaknya akan bekerjasama dengan Forkopimda dalam upaya menjaga stabilitas harga.

 

“Setiap hari Senin, kami juga rutin melaksanakan rapat penanganan inflasi daerah bersama pihak kementerian untuk melakukan monitoring dan evaluasi terkait situasi perekonomian jelang akhir tahun,” tambah Bupati.

Salah satu pedagang di Pasar Rakyat Sei Rampah, Boru Manalu, juga menyebut harga kebutuhan pokok di pasaran masih tergolong stabil. Misalnya saja ia menyebut harga cabai ada di kisaran Rp34.000/kg, bawang merah Rp32.000/kg, tomat Rp14.000/kg, dan telur seharga Rp48.000/kg.

 

“Harga-harga masih stabil, tapi tidak tahu juga apakah tetap seperti ini saat Hari Natal dan Tahun Baru semakin dekat. Semoga harganya tidak naik tinggi dan stok terjaga,” harapnya.

Teks/Editor : Ardi/Lenti
Reporter : irfan
Admin : Maya

587 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *