Di Upacara Peringatan Hari Jadi ke-20, Bupati Ajak Seluruh Pihak Bersama Bangun Sergai

Sei Rampah,

Meski di tengah guyuran hujan, Upacara Hari Jadi ke-20 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) berlangsung dengan lancar dan khidmat. Upacara yang berlangsung di Alun-alun Sergai, Sei Rampah, Sabtu (6/1/2024) ini dihadiri oleh Bupati Sergai H Darma Wijaya, Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Tambunan, unsur Forkopimda Sergai, Sekdakab Sergai H.M Faisal Hasrimy, AP, M.AP dan ASN serta tenaga kontrak di Lingkungan Pemkab Sergai.

Bupati Sergai H. Darma Wijaya bertindak sebagai Inspektur dalam upacara Hari Jadi yang kali ini mengangkat tema “Merangkai Kebersamaan untuk Sergai Maju Terus”.

Dalam sambutannya, Bupati mengajak seluruh pihak bersyukur bahwa Kabupaten Sergai telah memasuki usia 20 tahun. Dengan begitu banyak perkembangan pembangunan di berbagai sektor.

Ia menuturkan, pembangunan dilaksanakan secara merata dan bertahap dengan menitikberatkan pada pemulihan ekonomi dan kehidupan masyarakat pasca pandemi Covid-19, melalui capaian indikator pembangunan daerah dan akselerasi pencapaian visi pembangunan jangka menengah daerah yang Maju Terus. Melalui Sapta Dambaan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sergai tahun 2021-2026.

“Oleh karena itu, tema Hari Jadi ke-20 ini bertujuan agar keberhasilan capaian pembangunan dapat diraih secara bersama-sama melalui kerjasama yang baik di berbagai bidang serta dapat memenuhi akses kemudahan di segala sektor bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Ia melanjutkan, Pemkab Sergai telah berupaya merealisasikan pembangunan dengan semaksimal mungkin. Beberapa buktinya, sambungnya, di bidang pendidikan, kurikulum merdeka digalakkan dengan mengoptimalkan komunitas belajar yang ada di Sergai dengan harapan dapat melahirkan insan yang religius, cerdas dan terampil.

Kemudian, lanjutnya, pada pembangunan di bidang infrastruktur, Pemkab Sergai berupaya melakukan pembangunan infrastruktur yang terintegrasi meliputi perbaikan dan pelebaran jalan, jembatan, saluran irigasi dan drainase serta alun-alun untuk mempermudah akses masyarakat dalam beraktivitas.

Selanjutya di bidang sosial dan budaya, berbagai bantuan dan perhatian penuh diberikan oleh Pemkab Sergai kepada para lansia dan kelompok disabilitas. Bahkan, kini Pemkab Sergai juga tengah serius berkomitmen mewujudkan kabupaten layak anak, terutama dalam program penurunan angka stunting melalui gerakan gotong royong pemenuhan gizi balita stunting.

Tak hanya itu, di bidang pelayanan publik, masyarakat diberi akses untuk memperoleh layanan kesehatan dan administrasi kependudukan yang mudah dan cepat. Peningkatan pelayanan publik terutama di bidang kesehatan dibuktikan dengan adanya peningkatan pelayanan dan perbaikan secara terus-menerus baik pelayanan di rumah sakit maupun puskesmas.

“Seiring dengan tema merangkai kebersamaan, Pemkab Sergai juga gencar menggalakkan kegiatan-kegiatan keagamaan serta merangkul berbagai pemuka agama untuk memperkuat tali persaudaraan dan tercipta perdamaian di Sergai. Begitu juga di sektor pertanian, Sergai menggiatkan pertanian berkelanjutan, mendukung penuh pertanian organik dan hortikultura serta berkomitmen mempertahankan swasembada beras dan mewujudkan swasembada daging,” beber Darma Wijaya panjang lebar.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Sergai berharap, Upacara Peringatan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai ini bisa menjadi refleksi bagi semua untuk terus berjuang bersama memampukan diri dan berperan aktif dalam pembangunan.

“Potensi daerah harus terus digali dan dikembangkan, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya, dan melalui sistem merit, ASN Kabupaten Sergai diharapkan dapat menjadi ASN berakhlak dan dapat melaksanakan tugas dengan meningkatkan pelayanan publik secara prima serta terus menjaga kebersamaan sehingga tercipta masyarakat Dambaan,” tandasnya.

Upacara Peringatan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai kali ini juga diwarnai dengan pemberian Piagam Penghargaan kepada ASN, masyarakat dan sejumlah instansi berprestasi serta pemberian piagam Satya Lencana pada ASN. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter ; Jefri

Admin : Julia

 

 

394 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *