Perpustakaan Sergai Bertaraf Nasional Beri Kontribusi Signifikan untuk Pengembangan Budaya Literasi dan Minat Baca Pelajar

Seperti kita ketahui bahwa Perpustakaan sangatlah penting dalam pendidikan. Hal ini untuk membantu terselenggaranya pendidikan yang baik. Selain sebagai tempat menyimpan buku-buku yang dibutuhkan, perpustakaan juga berfungsi sebagai proses transfer ilmu.

Sedangkan perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas atau sarana yang diberikan pihak sekolah untuk membantu proses belajar mengajar. Beragam jenis buku dan jenis bacaan bisa didapat dari perpustakaan. Bagi siswa yang suka membaca, pasti perpustakaan menjadi tempat yang menarik untuk menghabiskan waktu.

Namun perlu diketahui jika perpustakaan tidak hanya digunakan oleh para siswa untuk mencari buku, tetapi memudahkan para guru untuk melakukan proses belajar mengajar. Di perpustakaan ini para guru juga bisa mencari ide atau topik pembelajaran dari berbagai macam buku yang nantinya bisa dijadikan bahan pelajaran bagi siswa.

Berdasarkan yang tercantum dalam UU Perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007, telah disesuaikan jika Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran.

Perpustakaan merupakan institusi mengelola koleksi karya tulis, karya cetak dan karya rekam secara profesional, sehingga memiliki fungsi yang baku untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi bagi para siswa sebagai pengguna perpustakaan.

Dilansir dari Universitas123.com, Perpustakaan di sekolah terdapat banyak tujuan dan manfaat yang bisa didapatkan. Adapun tujuannya antara lain; pertama, penyelenggaraan perpustakaan sekolah tidak hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka, tetapi dapat digunakan untuk menyelenggarakan perpustakaan yang membantu siswa dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar. (Bafadal, 2009.

Kemudian tujuan dari perpustakaan tidak terlepas dari diselenggarakannya pendidikan sekolah secara menyeluruh yaitu memberikan bekal kemampuan dasar kepada siswa dan mempersiapkan mereka mengikuti pendidikan menengah. (Yusuf Suhendar, 2007)

Tujuan tersebut disesuaikan dengan adanya perpustakaan di sekolah di berbagai macam jenjang pendidikan. Selain adanya tujuan, perpustakaan tersebut juga memberikan manfaat, di antaranya perpustakaan di sekolah bisa menimbulkan kecintaan siswa terhadap membaca, membantu memperkaya pengalaman belajar siswa. mempercepat proses penguasaan teknik membaca, membantu perkembangan kecakapan berbahasa.

Kemudian dapat melatih siswa untuk bertanggung jawab, perpustakaan di sekolah akan memperlancar siswa dalam penyelesaian tugas-tugas dari guru, perpustakaan di sekolah bisa membantu guru untuk menemukan sumber-sumber pengajaran dan perpustakaan di sekolah akan membentuk siswa, guru dan staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Manfaat tersebut akan dirasakan oleh semua anggota sekolah dengan adanya perpustakaan yang terawat dan menyediakan banyak buku.

Sergai miliki Perpustakaan Bertaraf Nasional

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) telah memiliki gedung perpustakaan yang bertaraf nasional, terletak persis di samping Masjid Agung Sergai.

Bagi pengguna jalan raya yang melintas di jalan lintas sumatera (jalinsum) pasti akan melihat gedung tersebut. Perpustakaan ini juga dapat dimanfaatkan bagi pelajar untuk mencari informasi yang dibutuhkan lewat beragam buku yang tersedia di sana.

Menurut Dewi Sulistriani, S.Sos Kepala Bidang Kearsipan Dinas Perpusip Sergai, Senin (15/1/2024) di ruang kerjanya di Gedung Perpustakaan Sei Rampah menyampaikan bahwa Pembangunan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan berstandart nasional di Sei Rampah Kabupaten ini memiliki dampak yang signifikan terhadap minat baca dan pengembangan budaya literasi di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Ia merinci beberapa dampak yang terjadi, antara lain; pertama, terjadinya peningkatan minat baca. Dengan adanya gedung perpustakaan yang berstandart nasional, pelajar akan memiliki akses yang lebih mudah dan nyaman untuk mengakses berbagai jenis buku dan sumber literasi. Hal ini dapat merangsang minat baca bagi para pelajar.

Kemudian, lanjut Dewi lagi, terjadinya diversifikasi bahan bacaan, yakni memiliki koleksi buku yang lebih beragam dan terkini, sehingga dapat memenuhi keberagaman minat baca pemustaka. Selanjutnya adanya peningkatan kesadaran literasi, yakni dengan adanya fasilitas yang memadai, pelajar dapat lebih terlibat dalam berbagai kegiatan literasi, seperti membaca buku, menulis, dan diskusi buku. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya literasi dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan, sebutnya.

Selain itu, kehadiran perpustakaan dapat menjadi tempat untuk mengembangkan keterampilan literasi pelajar, termasuk keterampilan membaca ktistis, menulis, dan berbicara. Program-program literasi dan pelatihan keterampilan tertentu dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan literasi mereka. Kemudian, Akses yang lebih baik terhadap buku-buku kreatif dan fiksi dapat membantu meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas pelajar. Ini penting untuk pengembangan mereka sebagai individu yang kreatif dan inovatif.

“ Gedung perpustakaan ini juga dapat menjadi tempat untuk kegiatan membaca bersama, klub buku, atau diskusi literasi. Hal ini dapat membentuk budaya membaca bersama di masyarakat, menghubungkan pelajar dan masyarakat dalam kegiatan literasi,” ujar Dewi sembari menambahkan jika Gedung Perpustakaan akan berdampak juga pada eningkatan prestasi akademik, yaitu meningkat dan berkembangnya keterampilan literasi yang dapat berkontribusi pada peningkatan prestasi akademik pelajar. Mereka dapat lebih siap menghadapi tuntutan belajar di Sekolah dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Terakhir, terjadinya peningkatan keterlibatan komunitas, yang artinya dapat menjadi pusat kegiatan komunitas yang melibatkan orangtua, guru dan warga sekitar. Ini dapat memperkuat hubungan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam mendukung pembangunan literasi pelajar.

“ Dengan adanya dampak-dampak positif ini, diharapkan bahwa pembangunan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan di Sei Rampah akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan budaya literasi dan minat baca pelajar di Kabupaten Sergai,” tutupnya.

8 Unit Perpustakaan Sergai Telah Terakreditasi

Terdapat 8 unit Perpustakaan di Kabupaten Sergai yang telah terakreditasi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Adapun Perpustakaan penerima Sertifikat Akreditasi Perpunas RI, antara lain; Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Perbaungan, Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Sei Rampah, Perpustakaan Sekolah SMP Negeri 1 Pantai Cermin, Perpustakaan Sekolah SMP Negeri 1 Pegajahan, Perpustakaan Sekolah SDN 106206 Sidodadi Liberia Kecamatan Teluk Mengkudu, Perpustakaan Khusus SUAR DPRD Kabupaten Sergai, Perpustakaan Desa Rambung Sialang Tengah Kecamatan Sei Rampah dan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Serdang Bedagai meraih nilai B pada akreditasi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (Ini Sergai Loh).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

412 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *