Wabup Sergai Puji dan Apresiasi Komitmen Relawan Gerakan Sumut Mengajar

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Tambunan menerima sekaligus melepas “Relawan Muda Gerakan Sumatera Utara (Sumut) Mengajar Batch 15”, di halaman Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (22/1/2024).

Membuka sambutannya, Wabup Sergai mengucapkan selamat datang di Kabupaten Sergai kepada ratusan relawan yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di Sumut.

“Kami mengapresiasi sekaligus bersyukur bahwa ternyata di Sumut masih banyak komponen masyarakat, terutama anak-anak muda, yang begitu peduli terhadap kondisi pendidikan kita. Langkah Gerakan Sumut mengajar yang menciptakan ruang bagi anak-anak muda untuk ikut terlibat, belajar ambil bagian di dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah sungguh merupakan langkah cerdas yang dapat dicontoh oleh anak-anak muda lainnya,” kata Wabup Sergai.

Adlin Tambunan meyakini, permasalahan yang ada di Indonesia masih cukup banyak, khususnya pada bidang pendidikan. Ia berpendapat, masyarakat harus memiliki jiwa solidaritas yang tinggi untuk mengambil bagian dalam penanganan permasalahan tersebut.

 

“Antusiasme anak muda terutama Gerakan Sumut Mengajar dalam mengikuti kegiatan pengabdian di bidang pendidikan menjadi bukti bahwa jiwa solidaritas terbentuk dari pendidikan yang mencukupi. Semakin banyak orang mendapat pendidikan maka semakin bagus jiwa sosial pada orang tersebut. Jiwa sosial yang ada kemudian menjadi alat untuk memutarkan hal yang baik. Semua yang berasal dari kebaikan akan menghasilkan kebaikan juga,” tegasnya.

Untuk membentuk generasi yang dapat memutar kebaikan tersebut, menurut dirinya, diperlukan kesadaran belajar yang tinggi mulai dari hari ini. Dirinya mengatakan, apa yang dilakukan generasi sekarang akan menjadi arah kemana generasi di masa depan akan dibawa. Semuanya harus mengambil bagian dan harus punya kesadaran sosialnya sendiri.

Wabup Sergai kemudian melanjutkan, kondisi-kondisi tersebut tidak cukup jadi sekadar rasa prihatin saja, melainkan harus memiliki niat dan upaya bagaimana menuntaskannya.

“Pemerintah pun tidak memiliki sumber daya serta sumber dana yang cukup untuk menyelesaikan seluruhnya oleh karena itu sangat memerlukan dukungan, bantuan semua stakeholder yang terkait pendidikan, yang saya yakini stakeholder pendidikan ini melibatkan masyarakat luas, karena sesungguhnya setiap kita, setiap orang terdidik, memiliki tanggung jawab moral untuk mendidik,” ujarnya lagi.

Pada kesempatan ini, Wabup juga memberikan apresiasi kepada para relawan yang akan segera mengabdi di daerah. Wabup menyebut para relawan ini sebagai orang-orang muda luar biasa, yang sudah terpanggil untuk memberikan bakti pada kabupaten.

“Kalian benar-benar orang muda pilihan, di tengah-tengah pergaulan modern yang melenakan banyak orang muda, bahaya narkoba, kehidupan hedoisme yang penuh hura-hura, saudara sekalian memilih berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. Teruslah memupuk jiwa mulia saudara sekalian, saya berdoa saudara-saudara terus diberikan kesuksesan, bahkan beberapa ada yang akan menjadi tokoh atau pemimpin di Sumut di masa mendatang,” ucapnya mendoakan.

Terakhir ia menyebut, rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Sergai hendaknya terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap dan terwujud dalam laku setiap diri pribadi Relawan Sumut Mengajar.

“Rasa cinta dan bangga terhadap daerah ini harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ihklas dan kerja cerdas sesuai dengan potensi masing masing sehingga dapat menjelma dalam implementasi dan karya nyata. Sesuai dengan visi-misi Sergai yaitu mewujudkan masyarakat Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius. Inilah yang menjadi titik capaian atau ultimate goal dan titik tuju dari seluruh rangkaian proses pembangunan sejak kami mulai masa jabatan sebagai kepala daerah di kabupaten ini,” tandasnya.

Sebelumnya di kesempatan serupa, Direktur Eksekutif Yayasan Gerakan Sumut Mengajar Fauza Qadriah mengucapkan terima kasih kepada Wabup Sergai karena telah menerima sekaligus melepas pihaknya hari ini.

Ia merinci, ada sebanyak 213 mahasiswa/i yang berasal dari beberapa universitas yang siap untuk mengabdikan diri di Sergai sebagai tenaga relawan pengajar.

“Kami harapkan, kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan menjadi inspirasi dan motivasi di bidang pendidikan,” katanya.

Fauza Qadriah kemudian menginformasikan jika kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 22 Januari dan berakhir sampai 4 Februari 2024 mendatang.

“Gerakan Sumut Mengajar dilaksanakan di 6 kecamatan yaitu Teluk Mengkudu, Perbaungan, Pantai Cermin, Tanjung Beringin, Sei Rampah, dan Bandar Khalifah,” jabarnya.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Fitriadi, S.Sos, M.Si, Kaban Kesbangpol Drs. Nasrul Aziz Siregar, Kadis Pendidikan Suwanto Nasution, S.Pd, MM, dan para Camat. (Media Center Sergai).

 

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Jepri

Admin :Maya

330 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *