Tingkatkan Kapasitas dan Sumber Daya Penyuluh, Dinas Pertanian Sergai Gelar Rapat Koordinasi

Sei Rampah,

           Dalam rangka meningkatkan sumber daya bagi penyuluh, Dinas Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyuluhan untuk Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan Penyuluh Pertanian di Kecamatan dan Desa Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Pertanian Sergai, Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah, Selasa (30/1/2024).

            Kegiatan dihadiri seratusan Tenaga Penyuluh Lapangan (PPL) bidang pertanian dan dirangkai dengan pelatihan penulisan berita/informasi seputar pertanian, pelatihan operator drone dan fotografer dengan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sergai.

            Kepala Dinas Pertanian Sergai, Dedy Iskandar, SP, MM didampingi Sekretaris dan para Kepala Bidang menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini memiliki tujuan sebagai evaluasi penyelenggaraan penyuluhan terkait kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan.

 

            “ Rapat koordinasi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja para penyuluh. Seorang penyuluh sangat penting peranannya sebagai salah satu penentu tercapainya tujuan pembangunan pertanian yang berkelanjutan,” kata Kadis Pertanian.

            Ia pun berharap seluruh penyuluh dapat mengupdate informasi terkait bidang pertanian. Selain itu, katanya lagi, penyuluh harus dapat memberikan informasi yang akurat saat mereka bertugas mendampingi petani di lapangan.

            “ Harus ada kerjasama antara petani dan penyuluh pertanian di lapangan. Hal ini untuk mencapai tujuan pembangunan pertanian berkelanjutan, meningkatkan kesejahteraan petani, dan mendorong ketahanan pangan secara nasional,” pungkasnya.

            Di akhir acara, Kadis Pertanian Dedy Iskandar menyerahkan cenderamata kepada dua orang penyuluh yang telah purna bhakti.

Sedangkan Kepala Bidang Penyuluhan, Muhammad Joni, S.ST, usai kegiatan menyebut jika dipilihnya materi tentang penulisan berita dan fotografer adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis bagi para penyuluh sekaligus agar kinerja penuyuluh pertanian bisa lebih diketahui oleh masyarakat luas.

“ Tak hanya itu, harapan kami kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sebagai media informasi dan edukasi sehingga semakin menambah wawasan bagi para penyuluh,” ujarnya.

            Sebelum kegiatan pelatihan, terlebih dahulu dilaksanakan apel bagi para penyuluh pertanian yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Pertanian, Kusmin, SPd, M.Pd didampingi para Kepala Bidang. (Media Center Sergai).

 Teks/Editor : Rini Ry

Fotografer : Jepri/Ardi

Admin :Maya

439 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *