Yuk Kurangi Dampak Cuaca Panas. Ikuti 9 Langkah Berikut

Beberapa hari ini kita ketahui cuaca khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai cendering sering panas di siang hari. Tentunya cuaca panas yang saat ini terjadi, tidak hanya membuat orang malas untuk melakukan aktivitas di luar ruangan.

Cuaca panas membuat sebagian masyarakat mengurangi aktivitas di luar jika tidak terlalu penting untuk dilakukan. Tak hanya itu, kondisi ini juga menyebabkan terjadinya berbagai potensi penyakit yang dapat menyerang masyarakat yang tidak melakukan persiapan yang baik dan benar dalam menghadapi cuaca yang panas seperti saat ini.

Khususnya bagi para wanita yang memiliki aktivitas di luar ruangan, tentu tak ingin kulitnya berubah menjadi gelap akibat paparan sinar matahari. Hendaknya memakai sunscreen minimal SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan khususnya saat berolah raga.

Temperatur yang tinggi memiliki dampak kesehatan yang signifikan pada tubuh manusia, terutama jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Dampak suhu tinggi terhadap kesehatan manusia merupakan topik yang sangat memprihatinkan, terutama mengingat meningkatnya frekuensi dan tingkat keparahan gelombang panas yang terkait dengan perubahan iklim.

Sedangkan untuk mengurangi dampak cuaca panas, laman Kemenkes mengungkapkan hal-hal yang dapat dilakukan antara lain;

1. minum air yang banyak jangan menunggu haus;

2. hindari mengkonsumsi minuman berkafein, minuman berenergi, alkohol, dan minuman manis;

3. hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung, gunakan topi atau payung;

4. memakai baju yang berbahan ringan dan longgar;

5. hindari menggunakan baju berwarna gelap agar tidak menyerap panas

6. Sebisa mungkin berada di dalam ruangan atau berteduh diantara jam 11–15 siang,;

7. jangan meninggalkan siapapun di dalam kendaraan dalam kondisi parkir baik dengan jendela terbuka maupun tertutup;

8. gunakan sunscreen minimal 30 SPF pada kulit yang tidak tertutup oleh baju sebelum keluar rumah dan;

9. sediakan botol semprot air yang dingin di dalam kendaraan.

Berbagai persiapan ini merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dampak dari cuaca panas agar tubuh tetap sehat disaat cuaca panas melanda

Jangan lupa juga untuk menghindari berbagai penyakit penyerta musim panas, diantaranya sebagai berikut:

Pertama; Dehidrasi, Heatstroke dan iritasi kulit yang ditandai dengan kelelahan, kulit kering serta warna air kencing yang keruh, kedua; Sakit Kepala Sebelah (Migrain) akibat terpapar panas matahari ataupun terpapar polusi yang berlebihan.

Selanjutnya ketiga; panas dalam akibat kondisi cuaca yang panas dan diperparah dengan asupan makanan yang kurang tepat, seperti gorengan atau makanan pedas. Terakhir, demam tinggi akibat paparan sinar matahari, sehingga menyebabkan suhu tubuh meningkat. Apabila tidak mendapatkan penanganan, akan berbahaya dan merusak otak serta organ-organ vital di dalam tubuh kita.

Dengan mengetahui beberapa penyakit yang mungkin terjadi akibat cuaca yang panas seperti saat ini, diharapkan bisa membuat kita jauh lebih waspada dan melakukan persiapan dalam menghadapi cuaca panas.

Kurangi aktivitas diluar ruangan dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit akibat cuaca panas, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.

Nah, ternyata kita harus waspada saat cuaca panas seperti saat ini ya. Bagi yang punya aktivitas di luar ruangan hendaknya ikuti beberapa upaya di atas. Selain untuk mencegah penyakit akibat cuaca panas tentunya agar aktivitas yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar.

Yuk, kita ikuti upaya dan langkah-langkah di atas. Semoga kita semua dalam keadaan sehat-sehat terus ya. (Berbagai Sumber/Ini Sergai Loh).

1.084 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *