Bupati Darma Wijaya Harap IPA Sergai Mampu Implementasikan Konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Perbaungan,

Semoga pelajar Al-Washliyah lebih jaya, lebih berkembang, dan lebih banyak berkontribusi bagi pembangunan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Pernyataan tersebut jadi pembuka sambutan Bupati Sergai H. Darma Wijaya saat menghadiri Pelantikan Pengurus Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Al-Washliyah (IPA) Kabupaten Sergai masa bakti 2023-2025, bertempat di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah 12 Perbaungan, Jln. Malinda II Komplek Sawit Indah, Kamis (29/2/2023).

Pada kesempatan ini, Bupati menyampaikan kegiatan berorganisasi bagi pelajar merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi generasi muda, dalam mengembangkan kompetensi di berbagai bidang, yang mungkin tidak didapatkan secara langsung pada pendidikan formal.

“Kehidupan berorganisasi menuntun anggotanya untuk dapat belajar manajemen waktu, berargumentasi, bersosialisasi dengan berbagai macam karakter manusia, dan lain-lain, yang sangat bermanfaat ketika tiba saatnya untuk terjun langsung bermasyarakat,” ujar Bupati.

Sejalan dengan itu, sebagai pelajar dan anggota organisasi, Bupati berharap para pengurus dan anggota IPA Kabupaten Sergai dapat lebih jeli dalam membagi waktu dan prioritas seperti ibadah, belajar, dan berorganisasi.

Bupati Sergai melanjutkan, sebagai kader yang dibentuk dalam nafas ke-Muhammadiyah-an, tentu IPA sudah sangat memahami konsep amar ma’ruf nahi munkar. Untuk itu Darma Wijaya berharap agar pelajar yang tergabung dalam IPA Kabupaten Sergai dapat menjadi insan yang unggul nan humanis, dalam menyebarkan nilai-nilai kebenaran di tengah masyarakat yang majemuk.

“Jadikanlah kehidupan berorganisasi ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri, meningkatkan kepekaan sosial, menyuburkan semangat gotong-royong, serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan di antara satu sama lain,” terangnya.

Ukhuwah islamiyah, Insaniyah dan Wathoniyah menurut Bupati menjadi prinsip utama yang wajib dijaga, sehingga kebermanfaatan yang ditebarkan dapat menjadi rahmat bagi seluruh masyarakat di Sergai.

Pada momentum yang baik ini, Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati, berpesan kepada seluruh jajaran IPA Sergai yang hadir hari ini, agar pergerakan dan kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh seluruh pelajar dan masyarakat Sergai.

“Kembangkan prestasi, semangat saling menolong sesama, dan semangat untuk membangun negeri melalui kehidupan organisasi. Anggaplah organisasi yang saudara sekalian ikuti ini sebagai kawah candradimuka, yang sedang menempa dan mempersiapkan mental, serta kepribadian sebagai pemimpin di masa depan. Hadirlah sebagai kader-kader bangsa, yang mampu secara aktif menjadi bagian dari solusi atas permasalahan yang dihadapi pemuda masa kini,” bebernya.

Lebih lanjut disampaikan Bang Wiwik, masuknya budaya luar yang cukup masif, serta kecenderungan pemuda untuk meniru budaya yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku, tentu menjadi kekhawatiran tersendiri. Ia ingin kader IPA Sergai jadi pelopor yang mampu menjadi influencer bagi sesama pelajar, untuk menghindari perilaku yang menyimpang dari norma, seperti penyalagunaan narkoba, perilaku seks bebas, degradasi nilai moral, dan lain sebagainya.

Terakhir untuk melakukan berbagai upaya pembangunan di Sergai ini, Bupati mengharapkan kepada keluarga besar IPA Sergai bisa memberikan sumbangsih dan peran serta kontribusinya kepada masyarakat Sergai.

“Pemkab Sergai dan IPA Sergai bisa tumbuh bersama memprioritaskan dan mendukung program pemerintah yang bersih serta pemerintah lebih melayani masyarakat. Kita akan terus berusaha melansanakan berbagai program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Sergai yaitu mewjudkan Sergai yang Mandiri, Sejahtera, dan Religius”,” tandasnya.

Dalam pelantikan ini, terpilih sebagai Ketua Pengurus Daerah (PD) IPA Kabupaten Sergai Fikri Irhami. Pelantikan Pengurus IPA Sergai ini juga dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, Ketua PD Al-Washliyah Sergai diwakili Sekretaris Abdul Rahim, Ketua PW IPA Sumut Mhd. Amril Harahap, serta para Kader IPA Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Jepri

Admin : Julia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

188 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *