Wabup Sergai Sampaikan Nota Pengantar LKPJ di Rapat Paripurna Bersama DPRD

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Tambunan menghadiri Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian Nota Pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Sergai Tahun 2023 dan Pengumuman Rencana Kerja DPRD Kabupaten Sergai Tahun 2025. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang rapat paripurna DPRD Sergai, Sei Rampah, Rabu (13/3/2024).

Membuka sambutannya, Wabup Sergai Dokumen LKPJ tahun 2023 ini merupakan LKPJ tahun ketiga dari periode kepemimpinan dirinya dan Bupati Sergai H. Darma Wijaya.

Ia menjelaskan LKPJ merupakan catatan capaian kinerja pemerintah daerah secara utuh atas penyelenggaraan kebijakan pembangunan darah dalam pencapaian visi dan misi Kabupaten Sergai dan implementasi pencapaian agenda pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode tahun 2021-2026.

“Penyelenggaraan pemerintahan daerah pada tahun 2023 hakikatnya merupakan bagian dari upaya dan komitmen untuk mewujudkan visi Kabupaten Sergai yaitu untuk “mewujudkan Kabupaten Sergai Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius. Yang dijabarkan setiap tahun dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

“Adapun tema pembangunan pada RKPD tahun 2023 adalah peningkatan perekonomian melalui pembangunan infrastruktur yang mendukung pertanian dan pariwisata, serta pembangunan manusia untuk pengembangan UMKM dan pelayanan publik,” katanya.

Pada kesempatan ini, Adlin Tambunan menyampaikan beberapa hal yang termuat dalam LKPJ Bupati Sergai tahun 2023 ini. Beberapa di antaranya yaitu capaian indikator makro sosial, seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sergai tahun 2023 mencapai 73,40 (kategori tinggi) meningkat dari 71,21 di tahun 2022. Untuk persentase penduduk miskin di Sergai mengalami penurunan dari 7,82% di tahun 2022 menjadi 7,44% di tahun 2023 atau menempati peringkat ke-6 persentase penduduk miskin terkecil di Sumatera Utara. Untuk tingkat pengangguran terbuka juga mengalami penurunan dari 4,98% di tahun 2022 menjadi 4,97% di tahun 2023.

Selain capaian indikator makro sosial, Wabup Sergai menyebut sejumlah pembangunan fisik yang dilakukan Pemkab Sergai sepanjang tahun 2023 antara lain pembangunan jalan kabupaten sepanjang 64,9 km, pembangunan jaringan irigasi permukaan sepanjang 9,4 km, pembangunan jembatan sepanjang 122,6 m, pembangunan saluran drainase sepanjang 2.521 m, pembangunan jalan produksi pertanian sepanjang 3.617 m, pembangunan jalan usaha tani sepanjang 2.791 m, pembangunan rumah tidak layak huni sebanyak 1056 unit, pembangunan akses sanitasi layak dan aman sebanyak 620 rumah tangga, pembangunan akses air minum layak sebanyak 536 rumah tangga, pembangunan rice milling unit masing-masing sebanyak 3 unit, pembangunan ruang kelas baru sebanyak 24 unit pada 11 sekolah dan rehabilitasi ruang kelas sebanyak 90 unit pada 24 sekolah, dan banyak lagi.

Selain itu, dirinya juga menyebut pembangunan sektor ekonomi pun menunjukkan peningkatan yang cukup baik terutama di bidang pertanian, kelautan dan perikanan. Lalu dalam hal pelayanan kepada masyarakat, di tahun 2023 indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah Kabupaten Sergai mencapai angka 86,203. Yang dapat dilihat dari beberapa jenis pelayanan di antaranya, pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan administrasi kecamatan dan pelayanan kesehatan.

Selanjutnya untuk kondisi APBD tahun 2023, pendapatan daerah yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), pendapatan transfer, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah pada tahun 2023 ditargetkan sebesar Rp1.768.951.630.690 dapat direalisasikan sebesar Rp1.717.554.170.749 atau mencapai sebesar 97,09% dari target yang telah ditetapkan.

Kemudian Wabup Sergai juga menyebut pada tahun 2023 Pemkab Sergai menyelenggarakan 6 urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, 16 urusan pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar, 5 urusan pilihan dan 5 fungsi penunjang urusan pemerintahan yang dilaksanakan oleh 46 perangkat daerah di Sergai.

“Hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, kami uraikan dalam bentuk capaian pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan target kinerja yang ditetapkan dalam perjanjian kinerja oleh seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sergai,” tambahnya.

Sebagai penutup, Wabup Sergai mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada DPRD dan masyarakat Sergai, yang telah bersama-sama mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Sergai.

Rapat kali ini dihadiri oleh Ketua DPRD Sergai H. Ilham Ritonga, SE, para Wakil Ketua DPRD Sergai, para anggota DPRD Sergai, serta perwakilan OPD terkait. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan

Admin : Julia

265 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *