Bupati Sergai Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2024

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2024 di Markas Polres Sergai, Sei Rampah, Rabu (3/4/2024). Apel ini sendiri dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Bupati Sergai  didampingi Kapolres Sergai AKBP. Oxy Yudha Pratesta, SIK  membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang berisi beberapa poin penting, terutama terkait persiapan menyambut arus mudik lebaran.

 

Dalam sambutan tersebut, Darma Wijaya menyampaikan apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Lewat sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Sergai Kapolri memaparkan jika berdasarkan survei Indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5%, meningkat 15,7% dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang, naik 56,4% dari tahun sebelumnya. Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat “Ketupat Toba 2024” dengan melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 hingga 16 April 2024,” sebutnya.

Dijelaskan oleh Kapolri, dalam operasi ini telah dipersiapkan 5.784 pos, termasuk pos pengamanan, pelayanan, dan terpadu, terutama di jalur-jalur rawan. Pos-pos tersebut harus memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

Masih lanjut Kapolri dalam Kebijakan pengaturan lalu lintas dan penyeberangan selama arus mudik dan balik Angkutan Lebaran 2024/1445 H harus diimplementasikan secara presisi di lapangan dan disosialisasikan kepada masyarakat. Aspek keamanan dan kelancaran lalu lintas harus dijaga dengan baik.

“Sinergi dan koordinasi antara Satgas Pusat, Satgas Daerah, dan stakeholder terkait harus optimal, sehingga pengguna jalan merasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Melalui sambutannya ini, Kapolri juga meminta agar patroli bersama harus dilakukan pada jam-jam rawan, dengan menyediakan layanan pelaporan rumah yang ditinggalkan dan penitipan kendaraan. Libatkan kelompok organisasi masyarakat dan keagamaan dalam pengamanan Sholat Idulfitri.

Selanjutnya Listyo Sigit Prabowo menyebut, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok serta BBM harus terjaga. Komunikasi publik harus ditingkatkan agar masyarakat mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

“Semua upaya tersebut diharapkan dapat memastikan “mudik aman, ceria, penuh makna”. Akhirnya saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan dan selamat merayakan Hari Raya Idulfitri 1445 H,” katanya menutup pidato.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2024 juga dihadiri oleh jajaran Polres Sergai serta perwakilan stakeholder terkait.

Teks/Editor : Ardi/Lenti
Reporter : Budi
Admin : Julia
176 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *