Bupati Sergai Buka Festival Tabuh Bedug dan Pawai Obor

Tebing Tinggi

Malam jelang Idulfitri atau yang dikenal dengan Malam Takbiran disambut meriah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Buktinya bisa dilihat saat Bupati Sergai membuka Festival Tabuh Bedug dan Pawai Obor di Desa Paya Lombung, Kecamatan Tebing Tinggi, Selasa (9/4/2023) malam.

Lewat sambutannya saat membuka kegiatan, Bupati Sergai mengapresiasi terlaksananya Festival Tabuh Bedug dan Pawai Obor ini sebab manfaatnya sangat penting, terutama dalam mempererat Ukhuwah Islamiyah dan menguatkan tali persaudaraan.

“Festival ini diikuti oleh ratusan peserta. Para peserta menampilkan berbagai atraksi tabuh bedug dan pawai obor yang meriah, sebagai wujud rasa bahagia menyambut Idulfitri,” kata Darma Wijaya.

Ia juga memuji masyarakat Sergai, terkhusus warga Kecamatan Tebing Tinggi yang terlihat antusias menyaksikan dan mengikuti festival ini.

“Festival Tabuh Bedug dan Pawai Obor merupakan salah satu wujud komitmen Pemkab Sergai dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya dan keagamaan. Ini sesuai dengan visi Sergai yang salah satunya yaitu menjadikan Sergai yang religius,” tambahnya.

Bupati Sergai juga menyebut pihaknya akan terus memberi support terhadap kegiatan positif semacam ini.

“Jelas kami sangat mendukung penuh kegiatan yang memperkuat aspek religi masyarakat. Kami berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi wadah untuk melahirkan generasi muda yang Islami. Semoga ini bisa dilaksanakan rutin setiap tahun,” kata Darma Wijaya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Sergai Zulkiflki Sitorus, S.Ag, MA, menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar untuk membangun kesadaran pentingnya syiar agama.

“Festival Tabuh Bedug dan Pawai Obor merupakan salah satu kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan di Kabupaten Sergai. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan syiar Islam dan mempererat persaudaraan antar umat Islam,” jelas Zulkiflki Sitorus.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Anggota DPRD Sergai Sugiatik, Camat Tebing Tinggi Sukma Permana, Anggota DPRD Sergai Terpilih Marwan Ali Nasution, Ketua Panitia Kegiatan Erwanto, Para Kepala Desa, Para Peserta Festival Tabuh Bedug serta Masyarakat Sekitar.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Jefri

Admin : Julia

208 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *