Kantor Pertanahan Sergai Ikuti Puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional Secara Virtual

Teluk Mengkudu,

Kantor Pertanahan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai)  mengikuti kegiatan Puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia secara virtual, Senin 22 April 2024, di aula Kantor Desa Pasar Baru Kecamatan Teluk Mengkudu.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kantor Pertanahan Sergai Roni L. Parningotan Sitanggang, S.Sos., M.A.P, Kepala Desa Pasar Baru Suriadi, yang mewakili Camat, dan jajaran Kantor Pertanahan Sergai serta warga desa setempat.

Pada kesempatan itu juga peserta zoom meeting ikut membaca deklarasi “Kami Berkomitmen Untuk Bersinergi Mewujudkan cita-cita Reforma Agraria Dalam Upaya Mengurangi ketimpangan kepemilikan Tanah Serta Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan puzzle sebagai simbol sinergi dan kolaborasi  oleh Kepala Kantor Pertanahan Sergai, Kepala Desa Pasar Baru dan perwakilan kecamatan.

Roni Sitanggang mengatakan bahwa Kantor Pertanahan Sergai siap mendukung dan mensukseskan kegiatan percepatan pelaksanaan Reforma Agraria untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dilakukan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Dijelaskan Roni bahwa sesuai Perpres Nomor 62 Tahun 2023 Tentang Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria mengamanatkan penyelenggaraan Penataan Aset (asset reform) dan Penataan Akses (access reform) yang berfokus pada pengaturan dan pengelolaan agraria dengan tujuan meningkatkan sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Menurutnya, bentuk kerjasama penataan aset dan penataan akses di Kabupaten Sergai disepakati dengan dikeluarkannnya Nota Kesepatan pada tanggal 22 September 2024 antara Kantor Pertanahan Kabupaten Sergai dan Pemkab Sergai yang memuat (empat) poin kesepakatan antara lain tentang penataana aset di desa, penetapan aksi penanganan akses di desa dan bahwa Pemkab Sergai menyusun rencana kegiatan yang menunjang pelaksanaan kegiatan reforma agraria di tahun selanjutnya.

Untuk itu, Roni Sitanggang mohon dukungan dari Pemkab Sergai beserta masyarakat Kabupaten Sergai dalam upaya percepatan pelaksanaan Reforma Agraria di wilayah ini.

Usai menyaksikan secara virtual puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria tersebut,  Kepala Kantor Pertanahan bersama perwakilan Kecamatan dan desa juga meninjau peternakan kambing etawa di Desa Pasar Baru .

Teks/Editor : Lenti

Reporter : Pican

Admin: Julia

265 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *