Pemkab Sergai bersama Ombudsman RI Gelar Rapat Persiapan Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Rapat Fasilitasi Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 bersama Ombudsman RI, bertempat di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (22/4/2024). Rapat kali ini  dibuka oleh Bupati Sergai Darma Wijaya.

Hadir pada kesempatan ini  Pjs Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara James Marihot Panggabean, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Bagian Organisasi Setdakab Romian P Siagian,S,STP, M.Si serta para Kepala Puskesmas.

Dalam sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyampaikan terima kasih kepada seluruh Perangkat Daerah atas kerja kerasnya sehingga Pemkab Sergai berhasil meraih nilai tertinggi se-Sumatera Utara (Sumut) dengan kategori A pada Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 dengan nilai 93.73.

“Pencapaian ini tidak terlepas dari bimbingan dan arahan dari Ombudsman Perwakilan Sumut sehingga Pemkab Sergai dapat berbenah dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat,” ujar Bupati Darma Wijaya.

 

Meskipun telah meraih prestasi membanggakan, Bupati Darma Wijaya mengingatkan seluruh Perangkat Daerah agar tidak berpuas diri. Ia meminta agar kualitas layanan terus ditingkatkan dan bagi Perangkat Daerah yang belum memenuhi standar agar segera berbenah.

“Jangan berpuas diri dengan hasil yang diperoleh di tahun lalu. Kita harus terus meningkatkan kualitas layanan. Bagi Perangkat Daerah yang belum memenuhi standar agar segera berbenah,” tegas Bupati Darma Wijaya.


Bupati Darma Wijaya juga menekankan pentingnya layanan tatap muka atau layanan interaksi dengan masyarakat. Ia mengatakan bahwa layanan yang langsung berhubungan dengan masyarakat seperti Puskesmas dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Layanan tatap muka, khususnya layanan yang langsung berhubungan dengan masyarakat seperti Puskesmas dan Disdukcapil harus benar-benar fokus pada orientasi layanan terhadap masyarakat. Sebab, layanan tersebut merupakan cerminan dari wajah Pemkab Sergai,” jelas Bupati Darma Wijaya.

Bupati Darma Wijaya meminta agar ASN dan seluruh pegawai yang bertugas di layanan tatap muka untuk lebih proaktif dalam melayani masyarakat.

“Masyarakat yang datang untuk dilayani harus benar-benar dibimbing. Jika masih banyak yang belum tahu terkait administrasi, jangan diperumit. Segera sosialisasikan. Jangan biarkan masyarakat yang menunggu, namun ASN dan seluruh pegawai yang bertugas yang menjemput bola. Bukan hanya karena mengejar predikat sebagai penyelenggara pelayanan publik terbaik, namun fokus kepada peningkatan pelayanan sehingga masyarakat terpenuhi segala kebutuhan administrasi, kesehatan maupun pendidikannya secara prima. ” pungkas Bupati Darma Wijaya.

Teks/Editor : Ardi/Lenti
Reporter : Hans
Admin : Maya
231 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *