Ketua TP-PKK Sergai Hadiri Grand Final Teruna Belia 2024

Pantai Cermin
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menghadiri Grand Final Teruna Belia Sergai 2024, yang diselenggarakan di Theme Park Pantai Cermin, Kecamatan Pantai Cermin, Rabu (8/5/2024).
Membuka sambutannya, Ketua TP-PKK Sergai mengucapkan selamat atas berlangsungnya acara pemilihan Teruna Belia Sergai 2024.
Ia melanjutkan, Kabupaten Sergai terkenal dengan keberagaman daya tarik dan potensi wisata yang jika dikembangkan secara menyeluruh dan terpadu akan menjadi aset dan potensi wisata yang mampu menarik kunjungan para wisatawan.
“Sebagaimana yang tertuang dalam Sapta Dambaan, yaitu wisata maju terus. Seluruh potensi pantai dan sungai akan terus kita kembangkan. Dalam era globalisasi ini, mengharuskan kita untuk mampu menghadapi persaingan di segala bidang, tak terkecuali dalam bidang pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif yang bersifat pelayanan. Peranan sumber daya manusia (SDM) sangat strategis untuk menciptakan kepuasan bagi wisatawan,” jelasnya.
Untuk itu, lanjut Rosmaida, dibutukan strategi melalui persiapan dan pembinaan yang matang dengan meningkatkan kemampuan SDM pelaku wisata, khususnya Teruna Belia Sergai 2024 sebagai Duta Wisata.
Dirinya berpendapat, tujuan pariwisata pada prinsipnya bukan hanya mendatangkan wisatawan, namun mampu menanamkan citra daerah, sehingga pariwisata dan perekonomian bisa seiring sejalan, yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Ajang pemilihan Teruna Belia Sergai bukan hanya sekadar menampilkan keindahan fisik, kecantikan dan ketampanan semata, namun diharapkan memiliki kecerdasan jiwa sosial berbakat, serta memiliki wawasan tentang kepariwisataan dan kebudayaan. Selain itu, Teruna Belia Sergai hendaknya menjadi teladan dan panutan di tengah-tengah masyarakat khususnya bagi generasi muda, baik dalam bertindak, berbuat, bertingkah laku maupun bertutur kata,” tambahnya.
Bagi Rosmaida, menjadi Teruna Belia Sergai tidaklah mudah dan memerlukan proses yang cukup panjang, sehingga mereka yang lolos dari babak seleksi hingga Grand Final ini merupakan yang terbaik yang dimiliki Sergai.
Untuk itu menurutnya penting sekali peranan dalam upaya pengembangan pariwisata berbasis milenial agar bisa sesuai dengan tuntutan zaman, di mana dewasa ini pengguna media sosial tersebar di hampir belahan dunia, sehingga hal tersebut menjadi perhatian dalam mempromosikan pariwisata.
Menutup sambutannya, Ketua TP-PKK menitip pesan kepada para finalis Teruna Belia Sergai 2024 dan yang terpilih menjadi pemenang untuk meyakini jika mereka adalah putra-putri terbaik yang mampu membawa kemajuan pariwisata di Sergai.
“Tak lupa, saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat Sergai yang hadir pada hari ini, untuk bersama-sama mencintai, menghargai, menjaga, mengembangkan, dan mempromosikan potensi pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sergai agar semakin lebih dikenal lagi,” tandasnya.
Sementara itu di kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Olahraga (Poraparbud) Sergai sekaligus Ketua Panitia Kegiatan Drs. Amkal, AP, M.Si dalam laporannya menyebut jika kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan untuk menyeleksi putra-putri terbaik Sergai yang akan mewakili kabupaten ke tingkat provinsi dan nasional.
“Putra-putri terbaik yang terpilih akan bertugas selama satu tahun dalam kategori tertentu, seperti Putra-Putri Pariwisata atau Budaya,” terang Akmal.
Adapun peserta Taruna Belia yang keluar sebagai pemenang setelah melewati penilaian selama masa karantina tanggal 5-8 Mei 2024 yaitu untuk kategori Teruna Muhammad Yusril Fajar, kategori Belia Samira Dea Sapana, kategori Bakat Teruna Bayu Restu Anggoro, kategori Bakat Belia Rosma Nadira, Kategori Persahabatan Nirhady Elsinky dan Sabrina Wijaya, dan terakhir kategori Favorit Vote Instagram Rizky Rio Farensy dan Dwi Eka Pratiwi.
Hadir dalam acara ini di antaranya Camat Pantai Cermin Andy Akbar Perdana, S. STP, M.SP., serta panitia lomba Teruna Belia dan undangan lainnya. (Media Center Sergai).
Teks/Editor: Ardi/Rini Ry
Reporter : Budi
Admin : Maya
284 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *