TP-PKK Sergai Tingkatkan Kemampuan Tata Kelola Administrasi Kader Lewat Pelatihan

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. Zulfikar menghadiri kegiatan Pelatihan Tata Kelola Administrasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (28/5/2024).

Melalui sambutan tertulisnya, Bupati Sergai menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada TP-PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut), yang telah bersedia menjadi narasumber pada kegiatan hari ini.

“Melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader sebagai wadah partisipasi masyarakat perempuan, serta mitra pemerintah dalam membangun Kabupaten Sergai yang Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” kata Bupati lewat sambutannya.

Bupati Sergai kemudian mengatakan PKK merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan yang dibentuk guna mendukung pembangunan khususnya dalam hal meningkatkan kesejahteraan keluarga menuju keluarga yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

“Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, kami selaku Pembina TP-PKK Kabupaten Sergai melihat berbagai upaya telah dilakukan oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai beserta seluruh kader dalam penerapan 10 Program PKK,” lanjutnya.

Dijelaskan oleh Darma Wijaya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang ditempuh untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Kader PKK dalam mendukung kinerja PKK dalam mewujudkan 10 Program Pокок PKK serta memantapkan pengelolaan administrasi PKK yang merupakan upaya untuk mendapatkan data dan informasi tentang 10 Program Pokok PKK secara tepat, akurat dan menyeluruh.

Dengan terciptanya tata kelola administrasi yang baik, Darma Wijaya meyakini hal itu dapat meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan program-program dan kegiatan PKK.

“Dalam menjalankan 10 Program Pokok PKK di Kabupaten Sergai, TP-PKK bersinergi dengan para perangkat daerah terkait. Selanjutnya, TP-PKK perlu memahami berbagai program unggulan dan prioritas yang dimiliki pemerintah daerah. Melalui pemahaman itu, maka dapat memetakan pelaksanaan 10 Program Pокок PKK. Selain itu, program kerja juga disusun sesuai dengan potensi yang dimiliki daerahnya masing-masing,” pungkasnya.

Sementara itu pada kesempatan serupa, Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menjelaskan TP-PKK merupakan salah satu kelembagaan penting dan mendasar di desa.

“PKK adalah wadah untuk pembangunan dan pemberdayaan keluarga di tingkat desa. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan dalam mendukung program-program pemerintah,” jelasnya.

Rosmaida Saragih menyebut kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu usaha dari TP-PKK Kabupaten Sergai untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader dalam tertib administrasi PKK.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat peran Kader PKK, meningkatkan wawasan dan memaknai kegiatan ini sebagai nilai tambah untuk PKK kedepannya,” tandasnya.

Kegiatan kali ini juga dihadiri oleh Sekretaris III TP-PKK Provinsi Sumut M. Nirman Subkhan Nasution, Staf Ahli Bidang Program dan SDM TP-PKK Provinsi Sumut Drs. Ruhyat,  Ketua Bidang I TP PKK Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, dan kader PKK Kabupaten Sergai.

Teks/Editor : Ardi/Lenti
Reporter : Jefri
Admin : Maya
187 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *