Lepas Jamaah Calon Haji ke Tanah Suci, Bupati Sergai: “Jaga Kesehatan Selama Ibadah”

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati (Wabup) Sergai Adlin Tambunan ikut serta memberangkatkan Jamaah Calon Haji Kabupaten Sergai tahun 2024 yang tergabung dalam Kloter 16. Pelepasan rombongan dilaksanakan di Masjid Agung Sergai, Sei Rampah, Rabu pagi (29/5/2024).

Di hadapan ratusan Jamaah Calon Haji Kabupaten Sergai dan ribuan keluarga yang mendampingi, Bupati Sergai menyampaikan jika Ibadah Haji merupakan rukun Islam kelima yang dilaksanakan oleh setiap kaum muslimin yang mampu.

Ia mengajak para umat Islam yang akan menunaikan Ibadah Haji untuk bersyukur karena telah menjadi orang pilihan sebagai tamu Allah untuk melaksanakan Ibadah Haji pada tahun ini, mengingat masih banyak saudara-saudara yang siap lahir batin, fisik dan mental, namun belum berkesempatan untuk menjalaninya.

Darma Wijaya tak lupa berpesan agar selama di tanah suci nantinya, untuk memperhatikan kesehatan, karena kesehatan adalah faktor penting dalam pelaksanaan Ibadah Haji ini.

“Untuk itu diharapkan kepada para jama’ah calon haji agar dapat selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas, apabila ada sesuatu yang dirasa mengganggu kesehatan. Yang tak kalah pentingnya lagi, para jamaah agar tetap khusyuk dalam beribadah selama di tanah suci. Tinggalkan semua pemikiran tentang keluarga, harta dan permasalahan lainnya, dan teguhkan hati demi kekhusyukan beribadah dan menjalani ritual Ibadah Haji, semata-mata mengharapkan rida Allah SWT,” ucapnya.

Dirinya juga berharap kepada para jamaah, ketika sudah berada di tanah suci Makkah, agar tidak lupa mendoakan kabupaten dan masyarakat Sergai, supaya senantiasa dilimpahkan rahmat dan keberkahan hidup oleh Allah SWT, serta dilimpahkan rasa kebersamaan.rasa kesatuan dan persatuan.

Pada kesempatan ini, Darma Wijaya juga mengucapkan apresiasi kepada segenap Petugas Haji di jajaran Kantor Kementerian Agama dan seluruh instansi/lembaga terkait lainnya, dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para jemaah calon haji serta mendukung suksesnya penyelenggaraan operasional keberangkatan haji di Sergai.

“Kami berpesan kepada para tenaga kesehatan yang ditugaskan, agar rutin memperhatikan jamaah di tanah suci nantinya. Kepada para Petugas Haji, baik itu Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD), Ketua Rombongan (Karom) dan Ketua Regu (Karu) kami juga berpesan, mulailah dari sekarang untuk menjalin komunikasi yang baik dengan sesama petugas dan seluruh Jamaah Calon Haji, baik berada di tanah air maupun selama berada di tanah suci nantinya,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Wabup Sergai Adlin Tambunan menyampaikan menunaikan Ibadah Haji bukan untuk dipuji orang lain, hanya mencari gelar saja, atau untuk mencari harta kekayaan di tanah suci sana, tapi dalam melakukan Ibadah Haji ini didorong oleh kuatnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Ibadah Haji yang akan Bapak dan Ibu laksanakan, hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah dan negara, mengingat kesemua bentuk Ibadah Haji berakhir pada kontrak atau perjanjian kita sebagai makhluk kepada Allah sebagai sang pencipta untuk berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabiat yang tidak baik yang pernah kita kerjakan sebelumnya,” ujar Wabup Sergai.

Melalui kesempatan ini pula, Wabup Adlin Tambunan berharap keberangkatan para Jamaah Calon Haji dari Kabupaten Sergai selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun haji, juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa, umat Islam dari seluruh penjuru dunia, karena itu pelihara dan jagalah martabat dan kebersamaan, hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain.

“Selamat jalan kepada seluruh Jamaah Calon Haji, semoga selalu diberi kesehatan, kelancaran dalam melaksanakan Ibadah Haji, diberi keselamatan selama perjalanan berangkat maupun pulang dari tanah suci nantinya, serta mendapat predikat haji mabrur. Aamiin,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, jumlaah Jamaah Calon Haji asal Sergai yang tergabung dalam Kloter 16 adalah sebanyak 319 orang dan ditambah 8 orang petugas haji.

Hadir dalam kegiatan ini unsur Forkopimda Kabupaten Sergai, PJ. Sekdakab Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua GOTPKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Camat Sei Rampah Dra. Fitrianti, M.Si, serta para jamaah dan keluarga yang mendampingi.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Repoter : Jefri

Admin : Julia

258 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *