TP-PKK Sergai Kembali Gelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Kader

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), yang digelar di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (29/5/2024).

Membuka sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyebut kesejahteraan suatu bangsa dimulai dari kesejahteraan keluarga yang merupakan salah satu sasaran pembangunan yang utama. Untuk itu, bagi semua yang tergabung dalam wadah organisasi PKK harus mampu meningkatkan peran di tengah masyarakat, baik sebagai motivator, komunikator serta dinamisator pembangunan.

“PKK juga memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, harmonis dan religius serta mempunyai peran dalam menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga,” ucapnya.

Ia menjelaskan TP-PKK memiliki program pokok yang dituangkan dalam 10 program dan diimplementasikan dari PKK pusat, provinsi, kabupaten serta kecamatan hingga desa. Dari program itu mencakup seluruh kepentingan masyarakat dari mulai pemberdayaan, peningkatan ekonomi keluarga, pendidikan, dan kesehatan.

 

“Sebagai mitra pemerintah, TP-PKK Kabupaten Sergai perlu melakukan penyelarasan kebijakan, agar dapat berperan aktif dalam menyukseskan program-program pemerintah. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu usaha dari TP-PKK Sergai untuk meningkatkan pengetahuan dan memperkuat kapasitas kader dalam melaksanakan 10 program Pokok PKK serta diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat peran kader pkk,” katanya.

Dirinya menyebut, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan memaknai kegiatan ini sebagai nilai tambah untuk para Kader PKK kedepannya, sehingga dapat berkontribusi lebih baik lagi dalam mewujudkan 10 Program Pokok PKK, guna membangun Kabupaten Sergai menjadi lebih Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius di masa yang akan datang.

“Kami berharap materi-materi yang diberikan, nantinya bisa diterapkan dalam melaksanakan kegiatan PKK di setiap jenjang wilayah masing-masing,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menjelaskan TP-PKK merupakan salah satu kelembagaan penting dan mendasar di desa.

 

“PKK adalah wadah untuk pembangunan dan pemberdayaan keluarga di tingkat desa. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan dalam mendukung program-program pemerintah,” jelasnya.

Rosmaida Saragih menyebut kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu usaha dari TP-PKK Kabupaten Sergai untuk meningkatkan Kapasitas Kader PKK.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat peran Kader PKK, meningkatkan wawasan dan memaknai kegiatan ini sebagai nilai tambah untuk PKK kedepannya,” ujarnya.

Kegiatan kali ini juga dihadiri oleh PJ. Sekdakab Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si, Asisten Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Kadis Kominfo Sergai Ingan Malem Tarigan, SE, perwakilan OPD terkait, dan Kader PKK se-Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Nurul/Maya

Admin :Maya

163 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *