Wabup Sergai Buka Ajang Talenta Jenjang Siswa SMP Tahun 2024

Tanjung Beringin,

Pendidikan adalah fondasi utama untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan memiliki peran kunci dalam mendorong kemajuan suatu bangsa. Pendidikan juga merupakan proses yang mendasar untuk mengembangkan kepribadian menjadi individu yang memiliki karakter dan ilmu pengetahuan. Meningkatkan mutu pendidikan bukan hanya di bidang akademik saja, tetapi juga di bidang non akademik.
Hal ini disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Tambunan  saat membuka secara resmi Ajang Talenta Jenjang Sekolah Menengah Pertama Tingkat Kabupaten Tahun 2024 yang berlangsung di SMP Negeri 3 Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (30/5/2028).
 Menurut Adlin Tambunan, manusia terlahir dengan beragam potensi yang dibawanya. Untuk itu, upaya meningkatkan mutu di sekolah tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik, namun menyangkut aspek non akademik baik itu di bidang sains, seni dan olahraga sehingga diharapkan siswa memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan perkembangan siswa.
 “ Pemkab Sergai telah menyusun kebijakan dan strategi yang dituangkan dalam bentuk program melalui Dinas Pendidikan dalam sub kegiatan pembinaan minat bakat dan kreativitas siswa secara terpadu, terkoordinasi baik di tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, provinsi dan tingkat nasional,” ungkap Wabup.
Ia pun berharap kegiatan ini dapat menunjang peningkatan kualitas akademik dan non akademik di sekolah dan meningkatkan prestasi yang dimiliki siswa. Siswa yang berbakat dapat dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan sehingga nantinya dapat mengikuti ajang selanjutnya yang lebih tinggi.
Sebelumnya dilaporkan Kepala Dinas Pendidikan Sergai Suwanto Nasution, S.Pd, MM bahwa ajang talenta tahun 2024 ini melombakan antara lain Olimpiade Sains Nasional (OSN) pejaran Matermatika, IPA dan IPS yang diikuti sebanyak 850 peserta, Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang diikuti 69 siswa, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk cabang olahraga renang, karate, pencak silat, bulu tangkis, dan atletik yang diikuti 140 siswa dan gala siswa Indonesia yang diikuti 17 tim.
Hadir pada acara pembukaan tersebut unsur Fokompimcam Kecamatan Tanjung Beringin, Ketua Dewan Pendidikan Drs Sayuti Nur, M.Pd, jajaran Dinas Pendidikan yang terdiri dari para Kabid, Korwil, Komite Sekolah, Pengawas, para guru, wasit dan juri serta seluruh peserta perlombaan.

Teks/Editor : Lenti/Rini Ry
Reporter : Jefri
Admin : Julia

154 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *