Di Pelatihan Kader Posyandu, Bupati Sergai : “Maksimalkan Peran Pelayanan Kesehatan Untuk Masyarakat”

Sei Rampah,

Posyandu sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat tidak serta merta hadir dan bergerak dengan sendirinya. Dukungan pemerintah terhadap keberadaan dan kesinambungan Posyandu terus diupayakan. Berbagai kebijakan telah dibuat dengan bermacam kegiatan dan program yang telah dilaksanakan agar Posyandu tetap eksis dan menjadi gerbang terdepan pemberdayaan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya disela-sela kegiatan Pelatihan Kader Posyandu oleh Tim Penggerak Perberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (3/6/2024).

Bupati menambahkan jika upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk Kader Posyandu. Peran Kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar. Selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat, juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, ujarnya.

“Peningkatan kapasitas Kader Posyandu sangatlah penting, hal ini untuk memberikan pengetahuan tentang tugas, dan perannya sehingga Posyandu akan lebih baik. Kader Posyandu juga sebagai perpanjangan tangan Puskesmas dalam memantau tumbuh kembang anak sehingga harus berperan lebih aktif untuk menciptakan generasi muda menjadi generasi emas yang lebih produktif,” kata Bupati.

Pria yang akrab disapa Bang Wiwik ini berharap para Kader Posyandu dapat memaksimalkan perannya dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selain itu, dapat mengontrol kehamilan pada ibu agar mendapatkan nutrisi yang baik sehingga anak yang dikandung tidak mengalami stunting.

“ Semoga para kader yang mengikuti kegiatan pelatihan ini, dapat menjadi fasilitator dan dinamisator kegiatan Posyandu disetiap desa atau kelurahan sehingga kualitas pelayanan Posyandu akan semakin meningkat juga membuat masyarakat kita selalu berprilaku hidup sehat. Dengan upaya penyehatan lingkungan, keluarga sadar gizi dan yang tak kalah pentingnya kesehatan ibu, bayi dan anak balita,” pungkas Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya menyebut bahwa PKK terus berupaya meningkatkan kiprahnya serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh khususnya untuk perempuan dan anak.

“ Kita ketahui bahwa Posyandu sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat yang hadir dengan dukungan pemerintah. Melalui beragam program dan kegiatan yang dilaksanakannya seperti Posyandu akan tetap eksis dan menjadi gerbang terdepan dalam pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Penyelenggara Ny Hj Aini Zetara Adlin Tambunan menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas Kader Posyandu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dibidang pelayanan kesehatan masyarakat khususnya ibu dan balita.

“ Peserta yang hadir adalah para Kader Posyandu di Kabupaten Sergai berjumlah 136 orang yang berasal dari seluruh kecamatan se Kabupaten Sergai,” tutupnya.

Hadir dalam acara para Narasumber, jajaran/pengurus TP PKK Kabupaten Sergai, Staf Ahli Bupati Kahar Efendi, S.Sos, Kepala OPD dan undangan lainnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Nurul/Maya

Admin : Julia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

198 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *