Rangkaian HUT APKASI ke 24, TP PKK Sergai Ikuti Talkshow Women Program

Trenggalek,
Dalam rangkaian acara HUT Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang ke 24, Ketua TP PKK Serdang Bedagai (Sergai) Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya didampingi Ketua Bidang I PKK Ny Hj Aini Zetara Adlin Tambunan mengikuti Acara talkshow  yang bertajuk “Women Program” di Gedung Bhawarasa Komplek Pendopo Bupati Trenggalek.
Sabtu (8/6/2024).
Acara yang mengangkat tema tentang ‘Digitalisasi Program PKK untuk Mendukung UMKM dalam Rangka Meningkatkan Kapasitas Mutu Produk dan Jangkauan Pasar ini dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, SE., ME.
Menurut Novita, keterlibatan peran perempuan dalam pembangunan daerah juga menjadi kunci utama bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD).
“Kontribusi perempuan itu sangat sentral. Memiliki fluence atau pengaruh yang cukup besar dalam mengambil keputusan mulai dari skala rumah tangganya. Sehingga kalau perempuan diberikan kesempatan yang terbuka dari sisi pendidikannya, kesempatannya, semua akses kita buka, hal itu yang akhirnya memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan PAD,” ucap Novita.
Selain itu, pihaknya juga akan merapikan Supply Chain (SC) yang ada di Kabupaten Trenggalek dan turut menjadi esensi sentral bagi UMKM.
“Kami jemput bola, menerbitkan NIB, memberikan pelatihan mulai dari skala desa. Sehingga baik dari penyiapan sertifikasi, pengetahuan UMKM dari segi bisnis, sampai akses permodalan yang digabungkan dengan teman-teman DPR serta kekuatan APBD kita, bisa membantu mereka untuk menguatkan daya saing UMKM di desa masing-masing, sehingga PAD kita pun meningkat,” jelas Novita.
Senada dengan pernyataan tersebut, Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya mengemukakan pentingnya pemerintah daerah melalui TP PKK untuk terus mendukung peningkatan peran perempuan dalam rumah tangga tidak hanya kemampuan dan pengetahuan dalam mendidik generasi unggul dan berkualitas, namun juga agar menyadari peran strategisnya dalam mengembangkan sektor UMKM yang masih sangat potensial saat ini.
“Kita akan terus berupaya membuka akses-akses bagi penyedia, kerjasama untuk pemasaran dan pengembangan keterampilan pelaku UMKM perempuan kita di desa. Sehingga UMKM perempuan di desa dapat terus berkembang di era digitalisasi saat ini” pungkas Rosmaida.
Turut hadir mendampingi Ketua TP PKK Sergai, Kadis Kominfo Ingan Malem Tarigan, SE, dan Sekretaris TP. PKK Sergai Hj. Samsinar SKM. (Media Center Sergai).
Teks/Editor : Lenti/Rini Ry
Reporter : Hans
Admin : Julia
116 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *