Kebijakan Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Jenjang SD

Perbaungan,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pendidikan menggelar sosialisasi Kebijakan Pelaksanaan Asesmen Nasional Bebasis Komputer untuk Jenjang Sekolah Dasar Tahun 2024 bertempat di Aula Titik Temu Sergai Kecamatan Perbaungan, Rabu (12/6/2024).

Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan melalui saat membuka kegiatan mengatakan bahwa pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer atau ANBK merupakan inovasi baru yang dirancang untuk menggantikan Ujian Nasional (UN). Hal ini merupakan salah satu langkah yang telah dilakukan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia.

Asesmen ini menurut Wabup Adlin bertujuan untuk mengukur kompetensi siswa dalam berbagai aspek, termasuk literasi membaca, numerasi, serta karakter. selain itu, ANBK juga diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai kualitas pendidikan di sekolah-sekolah kita.

“Saya mengajak seluruh tenaga pendidik untuk terus meningkatkan kompetensi diri dan mempersiapkan siswa-siswi dengan sebaik mungkin. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan, sehingga siswa dapat mengikuti ANBK dengan baik dan meraih hasil yang optimal. yang mana hasilnya nanti akan kita lihat bersama melalui terbitnya rapor pendidikan”, ajak Adlin Tambunan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Sergai Suwanto Nasution S.Pd, M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai pelaksanaan ANBK kepada seluruh pihak yang terlibat, baik itu kepala sekolah, guru, maupun tenaga kependidikan lainnya.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, seluruh peserta dapat lebih siap dan memahami teknis pelaksanaan ANBK, sehingga tujuan dari asesmen ini dapat tercapai dengan baik penguatan pendidikan karakter dan pengembangan sekolah berdasar pada 8 standar nasional pendidikan dan harapan Pemkab Sergai agar seluruh sekolah di Sergai menjadi sekolah mandiri, terampil, asri, dan berkualitas (MANTAB)” jelas Suwanto.

Disampaikan juga bahwa kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 12-13 Juni dan diikuti oleh 235 peserta yang terdiri dari operator kecamatan dan operator sekolah dari satuan pendidikan sekolah dasar negeri/swasta se- kabupaten Sergai.

Teks/Editor : Lenti/Rini Ry

Reporter : Budi

Admin : Julia

 

191 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *