Lepas Petugas Pemotongan Hewan Kurban, Ini Pesan Bupati Sergai

Sei Rampah,

Menjelang Hari Raya Iduladha, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi oleh Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Tambunan, melepas secara resmi panitia pemotongan hewan kurban yang akan melaksanakan tugasnya di setiap kecamatan se-Kabupaten Sergai.

Acara pelepasan ini berlangsung di Pendopo Kerajaan Negeri Bedagai, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (13/6/2024) dan dihadiri oleh sejumlah pihak di antaranya Pelaksana Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten (Pj. Sekdakab) Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si, Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, Kepala Dinas Ketapang Roy C.S. Pane, AP, M.Si, Pj. Kaban BPKAD Raden Cici Sistiansyah, S.Sos, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Keuangan drh. Andarias Ginting, M.Si, dan Kabag Perekonomian Riris Julita Ambarita, SE.

Bupati Sergai mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) beragama Islam yang telah berpartisipasi dalam program kurban Pemkab Sergai.

 

“Tahun ini, kita berhasil mengumpulkan 109 ekor sapi dari sumbangan ASN di lingkungan Kabupaten Sergai. Ini merupakan wujud kepedulian dan semangat berbagi yang patut kita apresiasi,” ujar Bupati dengan penuh semangat.

Kepada para petugas pemotongan hewan kurban, Bupati berpesan soal pentingnya memperhatikan kesehatan hewan yang dijadikan kurban, mengingat belakangan ini marak terjadi penyakit pada hewan ternak.

“Pastikan sapi dan kambing yang akan dikurbankan dalam kondisi sehat dan bebas dari penyakit. Hal ini sangat penting untuk menjamin kualitas daging yang akan dibagikan kepada masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, Bupati menginstruksikan petugas untuk melakukan pengecekan ke setiap desa guna memastikan kondisi hewan kurban dan memantau kebersihan tempat pemotongan.

“Kebersihan tempat pemotongan harus diperhatikan dengan saksama. Ini untuk memastikan proses penyembelihan berlangsung sesuai dengan syariat Islam dan tetap higienis,” jelas Bupati.

Lebih lanjut, Bupati mengimbau petugas untuk memperhatikan mekanisme pembagian daging kurban agar berjalan tertib dan tepat sasaran.

“Pembagian daging qurban harus dilakukan dengan baik dan adil, sehingga semua masyarakat yang berhak bisa merasakan kebahagiaan Iduladha,” tambahnya.

Tidak lupa, Bupati juga memberikan arahan agar petugas selalu bersikap humanis dan tidak emosional saat menghadapi kendala di lapangan.

“Di lapangan nanti pasti ada kendala yang muncul. Saya minta para petugas tetap tenang, lakukan pendekatan humanis, dan jangan terpancing emosi. Kita harus menjaga wibawa Kabupaten Sergai,” pesan Bupati. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Hans

Admin : Julia

183 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *