Di Paripurna DPRD, Pemkab Sergai Beri jawaban dan Keterangan Pemerintah Atas Pandangan Umum Fraksi

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya diwakili Pj Sekdakab Rusmiani Purba, SP, M,Si hadir dalam rapat paripurna bersama DPRD dengan agenda jawaban dan keterangan pemerintah atas pandangan umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap Ranperda tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2023 dan Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Rapat tersebut dihadiri para Wakil Ketua DPRD Sergai Siswanto, Samsul Bahri, Merlin Barus, para Anggota DPRD, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan undangan lainnya berlangsung di Gedung DPRD Sergai, Sei Rampah, kamis (20/6/2024).

Pj Sekda Rusmiani Purba menyampaikan jawaban dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya, yang sebelumnya disampaikan oleh juru bicara James Hotlan Pangaribuan, SE, diantaranya dokumen RJPD memuat visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok serta indikator utama pembangunan. Dalam hal penanggulangan abrasi di wilayah pesisir pantai tentu menjadi perhatian Pemkab Sergai dalam upaya menjaga potensi SDA guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang akan dimasukkan dalam program, kegiatan dan subkegiatan pada dokumen RPJMD dan RKPD.

 

Kemudian, lanjutnya menanggapi Fraksi Partai Nasional Demokrat, yang disampaikan oleh juru bicara suryadi, menyoroti diantaranya tentang pengelolaan keuangan daerah dilaksanakan dengan tetap berpegang pada azas transparansi dan akuntabilitas. Tantangan dan permasalahan dalam pengelolaan keuangan yang dihadapi akan menjadi pertimbangan dalam merumuskan strategi dan kebijakan keuangan daerah pada masa yang akan datang, ucapnya.

“Sedangkan Fraksi Partai Golongan Karya, yang disampaikan Longway M. Pakpahan, SH, antara lain; penggunaan anggaran belanja selalu memperhatikan output kegiatan yang telah ditentukan dalam perencanaan. Pengelolaan keuangan yang dilakukan tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.

Lalu Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, yang disampaikan Mangudut Hasugian, SE, Pemkab Sergai mengucapkan terima kasih atas apresiasinya terhadap capaian opini WTP yang ke-enam kalinya. Hal ini, lanjutnya merupakan prestasi kita bersama yang hanya dapat diraih dengan kerjasama dan dukungan semua pihak.

“Kami berharap sinergi ini dapat terus ditingkatkan demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di Kabupaten Sergai,” katanya sembari menambahkan jika Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat, yang disampaikan Hj Yanti Handayani Siregar, SH, M.Pd terkait Ranperda tentang RPJPD Kabupaten Sergai tahun 2025-2045, Pemkab Sergai berharap dapat dibahas bersama dan ditetapkan menjadi Perda yang akan menjadi acuan dan sebagai payung hukum dalam pelaksanaan RPJPD mendatang.

Selanjutnya menanggapi Fraksi Partai Amanat Nasional yang disampaikan Nahwan, S.Ag antara lain mengenai pembahasan terhadap dua Ranperda yang diajukan, diserahkan kepada mekanisme sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Begitupun dengan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, yang disampaikan Muhammad Rajali Prima, S.Sos, diantaranya terkait

PAD akan terus berupaya meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya yang ada serta meningkatkan koordinasi antar instansi untuk mendukung optimalisasi terhadap PAD.

Terakhir, kata Rusmiani Purba, menanggapi Fraksi Pembangunan Sejahtera, yang

disampaikan Hari Ananda, S.Pd, M.SP, dalam penyusunan RPJPD tahun 2025-2045, guna mendapatkan data dan informasi yang akurat, Pemkab Sergai telah melakukan evaluasi terhadap capaian pembangunan selama kurun waktu10 tahun terakhir. Selain itu juga telah melibatkan masyarakat dan stakeholder terkait guna menggali permasalahan dan isu strategis lokal, regional, nasional dan internasional, tutupnya.

“Harapan kami, dengan penjelasan ini akan bermanfaat bagi kita semua, dan selanjutnya Ranperda tersebut mendapat persetujuan dari para anggota dewan untuk ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Sergai. Kami mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada jajaran DPRD Sergai, unsur Forkopimda serta seluruh pihak yang dengan penuh perhatian dan sungguh-sungguh mengikuti proses pembahasan Ranperda ini,” pungkas Pj Sekdakab Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Jepri

Admin : Julia

140 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *